Kompas.com - 17/05/2022, 07:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk bisa tumbuh dengan baik, kucing peliharaan harus diberikan makanan yang berkualitas baik juga.

Namun, tak hanya kualitas makanan kucing yang harus diperhatikan, kebutuhan dan kondisi kucing itu sendiri menjadi faktor yang harus diperhatikan saat memberi makan kucing

Misalnya, makanan untuk anak kucing tidak baik diberikan pada kucing remaja atau dewasa. Adapun sebaliknya, makanan kucing dewasa tidak boleh diberikan pada anak kucing karena memiliki perbedaan kebutuhan nutrisi.

Baca juga: Kucing Bisa Alami Gangguan Mental, Ini Tanda-tandanya

Ilustrasi makanan anjing, makanan kucing. FREEPIK/TOPNTP26 Ilustrasi makanan anjing, makanan kucing.

Dilansir PetMD, Selasa (17/5/2022), selain berkonsultasi dengan dokter hewan tentang nutrisi saat kucing mengalami perubahan dalam tahap kehidupannya, sangat penting untuk memerhatikan tanda-tanda tertentu yang terlihat bahwa perubahan pola makan diperlukan. 

Berikut adalah tanda umum ketika makanan kucing sebaiknya diganti. 

1. Bulu kucing kusam 

Makanan yang kaya akan asam lemak esensial adalah komponen kunci dalam menjaga kesehatan kulit kucing, dan bulunya agar kondisinya prima. Banyak makanan kucing dibuat dengan mempertimbangkan perbaikan kulit dan bulu.

Carilah makanan kucing yang mengandung asam lemak Omega-3 dan Omega-6 untuk membuat bulu kucing Anda berkilau dan cerah dalam waktu singkat.

Baca juga: 3 Cara Menjaga Berat Badan Kucing Peliharaan Tetap Ideal

2. Setelah sakit atau operasi

Jika kucing Anda baru saja sakit atau setelah melakukan operasi yang membuat stres, ia akan mengalami sedikit kelelahan. 

Makanan dengan tingkat antioksidan yang tinggi dapat membantu meningkatkan respons kekebalan untuk mempercepat pemulihan kucing dan membuatnya bangkit kembali dalam waktu singkat.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Pet MD
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.