Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Menjaga Berat Badan Kucing Peliharaan Tetap Ideal

Kompas.com - 16/05/2022, 12:13 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki kucing peliharaan yang sehat tidak hanya memperhatikan lingkungan dan makanan, tetapi juga berat badannya. 

Kucing yang terlalu kurus atau terlalu gemuk hingga obesitas dapat mempengaruhi kesehatannya dan membuat kucing mudah terkena penyakit.

Baca juga: Kucing Obesitas? Ini Cara Mengontrol Pola Makan Berlebih

Dokter hewan sekaligus pemilik The Cat Hospital, Philip J. Shanker, mengatakan salah satu faktor yang membuat kucing menjadi gemuk adalah pemiliknya yang terlalu memanjakan sahabat bulu.

“Masalahnya adalah kita senang memanjakan kucing peliharaan dan kucing suka makan. Jadi, mudah bagi pemilik untuk memberi makan sedikit lebih banyak,” ungkap Shanker dilansir Fetch by WebMD, Senin (16/5/2022).

Hal ini tentunya perlu mendapat tanggapan secara serius karena hanya beberapa kilogram tambahan nutrisi dapat membuat hewan peliharaan mendapatkan masalah kesehatan seperti diabetes tipe 2 atau penyakit yang lebih buruk. 

Baca juga: 3 Makanan Kucing Berdasarkan Tahap Kehidupan

Berapa berat ideal kucing peliharaan?

Ilustrasi kucing kegemukan, kucing obesitas. PIXABAY/ALMI Ilustrasi kucing kegemukan, kucing obesitas.

Guna menjaga kesehatan kucing peliharaan, kamu perlu memperhatikan berat badannya agar tetap ideal. Sebagian besar kucing domestik atau kucing peliharaan harus memiliki berat sekitar 4,5 kilogram.

Namun, berat badan setiap kucing dapat bervariasi, tergantung ras dan kerangka tubuhnya. Misalnya, seekor kucing Siam  memiliki berat hanya dua kilogram, sedangkan Maine Coon memiliki berat 11 kilogram. 

Baca juga: 6 Penyebab Kucing Terus Mengeong meski Sudah Diberi Makan 

Untuk memastikan apakah kucing peliharan tidak kelebihan berat badan, Melissa Mustillo dokter hewan dari A Cat Clinic, menyarankan memeriksa kesehatan kucing ke dokter hewan.  

“Kucing harus memiliki bentuk seperti jam pasir saat kamu melihat ke bawah ke arah mereka. Kucing tidak boleh memiliki perut yang kendur dan kamu harus bisa merasakan tulang rusuknya,” tutur Mustillo. 

Akan tetapi, ada pengecualian bagi kucing yang sempat mengalami obesitas. Ada kemungkinan besar mereka masih memiliki perut yang kendur setelah kehilangan berat badan.

Baca juga: Berapa Berat Badan Kucing yang Ideal? Ini Penjelasannya 

Cara menjaga berat badan kucing tetap ideal

Ilustrasi kucing obesitas, kucing kegemukan. PIXABAY/MRSBROWN Ilustrasi kucing obesitas, kucing kegemukan.

Para dokter hewan mengatakan, kenaikan berat badan kucing biasanya disebabkan jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi serta rasa bosan.

Mustillo mengungkapkan, saat merasa bosan, kucing akan berpikir untuk makan. Jika mangkuknya kosong, kucing peliharaan akan menghampiri pemiliknya untuk meminta makanan. Banyak pemilik kucing yang memberikan makanan ketika sahabat bulunya melakukan hal ini.  

Nah, untuk menjaga berat badan kucing tetap ideal, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan. 

Baca juga: 7 Tips agar Kucing Dewasa Menerima Kehadiran Anak Kucing di Rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com