Kompas.com - 16/05/2022, 12:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki kucing peliharaan yang sehat tidak hanya memperhatikan lingkungan dan makanan, tetapi juga berat badannya. 

Kucing yang terlalu kurus atau terlalu gemuk hingga obesitas dapat mempengaruhi kesehatannya dan membuat kucing mudah terkena penyakit.

Baca juga: Kucing Obesitas? Ini Cara Mengontrol Pola Makan Berlebih

Dokter hewan sekaligus pemilik The Cat Hospital, Philip J. Shanker, mengatakan salah satu faktor yang membuat kucing menjadi gemuk adalah pemiliknya yang terlalu memanjakan sahabat bulu.

“Masalahnya adalah kita senang memanjakan kucing peliharaan dan kucing suka makan. Jadi, mudah bagi pemilik untuk memberi makan sedikit lebih banyak,” ungkap Shanker dilansir Fetch by WebMD, Senin (16/5/2022).

Hal ini tentunya perlu mendapat tanggapan secara serius karena hanya beberapa kilogram tambahan nutrisi dapat membuat hewan peliharaan mendapatkan masalah kesehatan seperti diabetes tipe 2 atau penyakit yang lebih buruk. 

Baca juga: 3 Makanan Kucing Berdasarkan Tahap Kehidupan

Berapa berat ideal kucing peliharaan?

Ilustrasi kucing kegemukan, kucing obesitas. PIXABAY/ALMI Ilustrasi kucing kegemukan, kucing obesitas.

Guna menjaga kesehatan kucing peliharaan, kamu perlu memperhatikan berat badannya agar tetap ideal. Sebagian besar kucing domestik atau kucing peliharaan harus memiliki berat sekitar 4,5 kilogram.

Namun, berat badan setiap kucing dapat bervariasi, tergantung ras dan kerangka tubuhnya. Misalnya, seekor kucing Siam  memiliki berat hanya dua kilogram, sedangkan Maine Coon memiliki berat 11 kilogram. 

Baca juga: 6 Penyebab Kucing Terus Mengeong meski Sudah Diberi Makan 

Untuk memastikan apakah kucing peliharan tidak kelebihan berat badan, Melissa Mustillo dokter hewan dari A Cat Clinic, menyarankan memeriksa kesehatan kucing ke dokter hewan.  

“Kucing harus memiliki bentuk seperti jam pasir saat kamu melihat ke bawah ke arah mereka. Kucing tidak boleh memiliki perut yang kendur dan kamu harus bisa merasakan tulang rusuknya,” tutur Mustillo. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.