Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/03/2021, 10:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber WebMD

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika pernah melihat kucing atau kucing peliharaan Anda berbadan gemuk, ada pandangan bahwa penampilan ini lucu dan menggemaskan. Namun, kondisi kelebihan berat badan atau obesitas pada kucing tidak baik.

Dilansir dari WebMD, Senin (15/3/2021), diyakini saat ini jumlah kucing obesitas melebihi jumlah kucing dengan berat badan yang ideal. Para dokter hewan pun kerap menjumpai kucing yang sangat gemuk.

“Masalahnya bagi kita adalah kita suka memanjakan kucing kita, dan kucing suka makan, jadi mudah untuk memberi makan sedikit berlebihan,” kata Philip J Shanker, DVM, pemilik The Cat Hospital di Campbell, California, AS.

Baca juga: Mengapa Kucing Belang Tiga Biasanya Betina? Ini Penjelasannya

Obesitas pada kucing adalah hal yang harus dianggap serius. Bahkan hanya beberapa kilogram ekstra dapat membuat kucing Anda lebih mungkin untuk mengalami beberapa masalah kesehatan seperti diabetes tipe 2 dan membuat masalah lain, seperti radang sendi, menjadi lebih buruk.

Kondisi kelebihan berat badan bahkan bisa membuat kucing tidak merawat diri dengan benar. Menghindari kelebihan berat badan akan menghasilkan kucing yang lebih sehat dan bahagia.

Sebagian besar kucing domestik harus memiliki berat sekitar 10 pon atau 5 kilogram, meskipun itu dapat bervariasi berdasarkan ras dan kerangka.

Seekor kucing Siam beratnya hanya 5 pon atau 2,5 kilogram, sedangkan kucing Maine Coon bisa memiliki berat 25 pon atau 12,5 kilogram dan sehat.

Baca juga: Waspadai Penyebab Penurunan Berat Badan pada Kucing, Stres hingga Kanker

Dokter hewan dapat memberitahu Anda jika kucing kelebihan berat badan, tetapi ada beberapa tanda yang dapat Anda perhatikan sendiri, menurut Melissa Mustillo, DVM, seorang dokter hewan di A Cat Clinic di Maryland.

“Kucing seharusnya memiliki penampilan tubuh seperti jam pasir saat Anda melihat ke bawah, perutnya tidak boleh kendor, dan Anda harus bisa merasakan tulang rusuknya,” terang Mustillo.

Kenaikan berat badan kucing biasanya tergantung pada jenis dan jumlah makanan yang diberikan, serta kebosanan.

Halaman:
Sumber WebMD
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com