Kompas.com - 15/05/2022, 22:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat sedang duduk, kucing jarang terlihat mengeluarkan kakinya. Kucing selalu menyelipkan atau menyembunyikan kakinya di bawah tubuhnya. 

Kebiasaan ini dilakukan banyak kucing, baik itu kucing peliharaan maupun kucing liar.

Baca juga: 5 Tips Aman Mencegah Kucing Tidur di Pot Tanaman

Saat sedang menyembunyikan kaki di bawah tubuhnya, kucing juga akan melingkarkan ekornya erat-erat di sekitar atau di bawah tubuhnya.

Jika diperhatikan, posisi ini membuat kucing terlihat seperti induk ayam yang sedang mengerami telurnya atau buntalan bulu jika dilihat dari kejauhan.

Disadur dari The Spruce Pets, Minggu (15/5/2022), rupanya ada alasan di balik perilaku kucing ini. Para ahli mengatakan perilaku ini menandakan bahwa kucing sedang merasa nyaman dan puas atau kedinginan.

Baca juga: Apakah Kucing Peliharaan Bisa Menonton dan Memahami Acara di TV?

Ilustrasi kucing di lantai. Bau urine hewan peliharaan seperti anjing dan kucing dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap di lantai dan seisi ruangan. PIXABAY/NIEK VERLAAN Ilustrasi kucing di lantai. Bau urine hewan peliharaan seperti anjing dan kucing dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap di lantai dan seisi ruangan.
Di lain waktu, kucing juga menyelipkan kakinya saat sedang beristirahat serta merasa sangat nyaman dan santai. 

Perlu diketahui bahwa sebagian besar waktu kucing selalu waspada. Kucing selalu memperhatikan setiap potensi ancaman dan bahaya yang ada di sekitarnya.

Respons melawan atau lari ini hidup dengan baik pada kucing domestik atau kucing peliharaan meski rumah relatif memiliki sedikit bahaya yang mengintai.

Untuk alasan ini, kucing selalu mendengar dengan telinganya yang sensitif dan bergerak ke sana kemari seperti antena. 

Baca juga: 6 Tips Membuat Kucing Peliharaan Terbiasa dengan Kehadiran Tamu

Saat sedang tidak sepenuhnya merasa nyaman, kucing segera bertindak ketika mendengar atau melihat sesuatu yang mencurigakan. 

Bahkan, meski sedang beristirahat, kucing biasanya menjaga kakinya dalam posisi yang memungkinkannya untuk segera melompat dan melarikan diri atau melakukan gerakan ofensif ke arah ancaman yang dirasakannya.

Alasan lain kucing menyelipkan kakinya di bawah tubuhnya adalah untuk kehangatan. Jika kucing sering melakukan ini selama musim atau cuaca singin, berikan mereka selimut yang hangat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.