Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta Menarik Kucing Ragdoll, dari Suka Dimanja hingga Hidup Lama

Kompas.com - 12/05/2022, 15:33 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Besar, indah, lucu, dan ramah, itulah empat kata yang bisa menggambarkan penampilan dari kucing Ragdoll

Tampilan ini tak heran membuat Ragdoll menjadi salah satu kucing yang banyak dipelihara dan disukai pencinta kucing. Bahkan, Ragdoll juga menjadi salah satu ras kucing populer di dunia. 

Baca juga: 7 Cara Membuat Kucing Peliharaan Tetap Nyaman Saat Cuaca Panas

Tak hanya itu, kucing Ragdoll juga memiliki kepribadian yang ramah dan bulu yang panjang mirip dengan kucing Persia dan kucing Angora sehingga membuat tubuhnya semakin besar. 

Nah, untuk mengenal lebih lanjut, berikut ini enam fakta menarik kucing Ragdoll dikutip dari Mental Floss, Kamis (12/5/2022).   

Senang dipangku 

Kucing yang memiliki ikatan emosional kuat dengan pemiliknya rawan stres jika ditinggal terlalu lama.SHUTTERSTOCK / VeronArt16 Kucing yang memiliki ikatan emosional kuat dengan pemiliknya rawan stres jika ditinggal terlalu lama.
Ragdoll berkembang biak dengan persahabatan manusia dan berbeda dengan sebagian besar kucing, Ragdoll suka dipangku dan dibelai oleh pemiliknya.

Bahkan, nama Ragdoll sendiri diduga diperoleh karena tingkah lakunya yang jinak dan ramah menjadi lemas seperti boneka saat dipangku atau dibelai. 

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Kucing Tidur di Kotak Pasirnya

 

Ras kucing yang relatif baru 

Ann Baker, peternak asal California, Amerika Serikat, disebut sebagai orang yang menciptakan ras kucing Ragdoll.

Awalnya, pada 1960-an, Baker mengambil seekor kucing betina liar kulit putih berbulu panjang yang ditemukan di lingkungannya, lalu mengawinkannya dengan ras kucing lain yang disebut-sebut kucing Birman.

Hasil perkawinan tersebut melahirkan kucing besar, berbulu panjang dan indah, serta berkepribadian ramah yang kita kenal sebagai kucing Ragdoll pada hari ini. 

Baca juga: 5 Tips Aman Mencegah Kucing Tidur di Pot Tanaman 

Memiliki mata biru dan bulu yang indah 

Ilustrasi kucing Ragdoll.Shutterstock/Fazymazy Ilustrasi kucing Ragdoll.
Selain memiliki bulu yang indah dan bertubuh besar, fakta menarik kucing Ragdoll adalah mempunyai mata berwarna biru yang cerah serta indah. 

Namun, beberapa kucing Ragdoll juga memiliki warna mata selain biru, dari segel (coklat), hingga merah dan krem.

Kucing Ragdoll terlahir dengan bulu putih, tetapi bulu ini mulai berangsur-angsur menggelap seiring bertambahnya usia. 

Baca juga: 3 Alasan Kucing Menggosokkan Tubuhnya ke Kaki Kita

Salah satu ras kucing terbesar 

Menurut Cat Fanciers' Association (CFA), Ragdoll merupakan salah satu ras kucing terbesar. Misalnya, Ragdoll jantan biasanya memiliki berat antara 6,8 sampai sembilan kilogram dan Ragdoll betina berkisar 4,5-6,5 kilogram.

Hal ini membuat kucing Ragdoll sedikit lebih besar dari kucing kelas berat lainnya seperti Maine Coon yang beratnya bisa mencapai 8,1 kilogram dan Kucing Norwegia Forest yang  mencapai 7,2 kilogram. 

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Menandakan Kucing Tidak Bahagia

Kucing yang pendiam 

Ilustrasi kucing Ragdoll.Shutterstock/MirasWonderland Ilustrasi kucing Ragdoll.
Selanjutnya, fakta menarik kucing Ragdoll adalah berkepribadian ramah dan tenang. Berkat sifat ini, Realtor.com—situs real estate asal California—pernah menobatkan Ragdoll sebagai salah satu ras kucing terbaik untuk tinggal di apartemen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com