Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Berantakan, 7 Kesalahan Desain Kamar Mandi yang Harus Dihindari

Kompas.com - 12/05/2022, 13:52 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Dibandingkan dengan ruangan lainnya di rumah, kamar mandi memang memiliki ruangan yang tidak terlalu besar.

Meskipun begitu pembangunannya perlu perencanaan matang karena berkaitan dengan keamanan dan keselamatan penghuni rumah.

Kamu tentunya sering mendengar banyak permasalahan rumah yang terjadi di kamar mandi. Seperti terpeleset karena lantai yang licin, dinding yang ditumbuhi jamur karena lembab dan bau apek dari kamar mandi yang sangat mengganggu.

Melansir dari How Stuff Works, Kamis (12/5/2022), agar kamar mandi aman dan dapat berfungsi maksimal untuk keluarga, sebaiknya hindari melakukan 7 kesalahan dalam mendesain kamar mandi berikut ini.

Baca juga: 5 Cara Tepat Mengecat Kamar Mandi agar Memberikan Hasil Sempurna

Kesalahan dalam instalasi

Banyak kecelakaan rumah tangga terjadi di kamar mandi, untuk itu memikirkan instalasi yang tepat untuk kamar mandi sangatlah penting dilakukan.

Contohnya saja pemasangan stop kontak, pintu, cermin, pancuran dan pemilihan lantai yang sesuai.

Instalasi yang tidak tepat dapat menyebabkan konsleting listrik, lantai yang terlalu licin hingga jamur yang mudah tumbuh.

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Kerak di Kamar Mandi

Ruang yang kurang nyaman

Sama seperti memakai celana yang kekecilan, melakukan rutinitas di kamar mandi dengan ruang yang terlalu sempit juga tidak nyaman.

Sebelum membangun kamar mandi, pertimbangkan luas ruangan dan jarak yang diperlukan masing-masing perabot di dalamnya agar kamar mandi tidak terlalu sesak.

Baca juga: 6 Ide Desain Kamar Mandi Sempit yang Estetik tapi Fungsionalr

Ruang penyimpanan terbatas

Kamar mandi yang lapang mungkin akan terlihat baik, namun sebaiknya sediakan ruan untuk penyimpanan di kamar mandi.

Untuk mencegah hairdryer, handuk cadangan dan peralatan kamar mandi lainnya berantakan sebaiknya siapkan area penyimpanan. Kamu bisa menggunakan lemari di di sekitar wastafel atau rak dinding.\

Baca juga: Tips Merenovasi Kamar Mandi yang Dapat Meningkatkan Nilai Rumah

Berpikir jangka pendek

Ilustrasi kamar mandi dengan tanaman hiasFREEPIK.COM/RAWPIXEL.COM Ilustrasi kamar mandi dengan tanaman hias

Dalam merenovasi atau membangun rumah, sebaiknya pikirkan rencana jangka panjangnya. Begitu pula saat membangun kamar mandi.

Gunakan wastafel, bathtub dan shower yang fungsional dan ramah untuk segala usia. Selain fungsional, pilih desain furniture yang tak lekang oleh waktu agar desain kamar mandi tetap relevan di kemudian hari.

Baca juga: Tanaman Hias Terbaik untuk Menyegarkan Kamar Mandi

Memilih material yang salah

Kamar mandi merupakan area yang rentan jamur, kelembaban, uap air, dengan perubahan udara yang cepat. Keadaan seperti ini cukup beresiko untuk furnitur dan perlengkapan berbahan kayu, tekstil, kertas dan batuan alam yang berpori.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com