Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/11/2021, 21:58 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber My Animals

JAKARTA, KOMPAS.com--Meskipun kucing persia adalah hewan yang sangat rapi, memandikannya akan membantu mencegahnya dari tertular penyakit atau virus yang dapat menyerangnya, atau bahkan orang yang hidup bersamanya.

Kucing Persia, yang dikenal sebagai kucing ramah yang suka tidur siang dan istirahat, dapat menjadi stres atau ketakutan saat mandi jika tidak ditangani dengan sangat hati-hati.

Untuk itulah kamu perlu tahu langkah-langkah memandikan kucing persia sehingga membuat mereka tetap nyama dan tak merasa stres.

Berikut adalah enam langkah memandikan kucing persia di rumah seperti dilansir dari My Animals, Kamis (11/11/2021).

Baca juga: Siapkan Hati, Ini 12 Pertanda Kucing Kesayangan akan Mati

1. Sikat rambut mereka dengan baik

Pertama-tama, penting untuk diingat bahwa kucing ini adalah ras dengan bulu yang panjang dan lebat, jadi langkah pertama dalam memandikan kucing Persia adalah menyikat bulunya dengan baik.

Hanya dengan begitu kamu bisa memastikan bahwa bulu kucing tidak menggumpal dan kusut. Jika tidak, setelah membasahi dan mengeringkannya, akan lebih sulit untuk mengurai bulunya.

Selain itu, hal ini bisa berisiko melukai kucing. Untuk itu, memberikan tekanan pada bulu mereka bukanlah pilihan yang baik, karena ini akan menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan bagi kucing dan bahkan mungkin membuat mereka menyerang pemiliknya.

2. Biasakan kucing dengan air

Jika kucing Persia diadopsi sejak masih kecil, mungkin lebih mudah bagi mereka untuk beradaptasi saat dimandikan, tetapi untuk kucing dewasa ini akan jauh lebih sulit.

Namun, berapa pun usianya, harus memastikan bahwa kucing berhidung pendek ini tidak takut menyentuh air dan tetap bersikap tenang dan ramah yang membedakannya.

Untuk memastikan ini, kamu harus membiasakan kucing dengan air. Berikut adalah cara melatih agar kucing tidak takut air:

Baca juga: 12 Aroma yang Ternyata Dibenci Kucing

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com