Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bahan Alami yang Ampuh Menghilangkan Jamur dan Lumut di Rumah

Kompas.com - 11/11/2021, 20:05 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Jamur dan lumut di rumah disebabkan oleh udara lembab. Namun, tentunya Anda tak ingin tinggal dengan makhluk spora ini, bukan?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengusir jamur dan lumut, namun daripada menggunakan bahan-bahan kimia yang membahayakan anak dan hewan peliharaan, lebih baik gunakan lima bahan alami berikut ini.

Melansir dari Treehugger pada Kamis (11/11/2021) berikut lima bahan alami menghilangkan jamur dan lumut di rumah.

Baca juga: Cara Membersihkan Jamur di Kamar Mandi dengan Pemutih

Cuka

Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma.

Meskipun Anda dapat mengencerkannya dengan air untuk menghilangkan bau yang menyengat, cuka bekerja paling baik sebagai pembunuh jamur jika disemprotkan langsung dari botol ke area yang berjamur.

Diamkan selama beberapa jam, lalu gosok cetakan dengan kuas. Jika bau cuka mengganggu Anda, tambahkan beberapa tetes minyak esensial, tetapi sebaliknya, ketahuilah bahwa aroma yang kuat akan hilang dalam beberapa jam.

Penelitian telah menunjukkan bahwa cuka putih membunuh 82 persen spora jamur, serta virus dan bakteri.

Cuka juga dapat mencegah jamur jika Anda menyemprotkannya ke permukaan dan membiarkannya kering.

Baca juga: Simak, Ini Cara Mencegah Pertumbuhan Jamur di Kamar Mandi

Tea tree oil

Tea tree oil meskipun efektif sebagai penghilang jamur alami, lebih mahal daripada beberapa pengobatan ramah lingkungan lainnya.

Tapi, hanya dengan 2 sdt tea tree oil yang dicampur dengan dua cangkir air mmaka akan mempertahankan lingkungan rumah yang bebas jamur dan lumut dalam waktu yang cukup lama.

Caranya, semprotkan larutan ke spora jamur tetapi jangan bilas. Tea tree oil juga memiliki aroma yang kuat, yang akan hilang dalam beberapa hari.

Baca juga: Bahan Alami Penghilang Jamur di Rumah, Apa Saja?

Ekstrak jeruk bali dan air

Tidak seperti cuka dan tea tree oil, ekstrak jeruk bali tidak berbau. Encerkan sekitar 20 tetes ekstrak jeruk balik dengan 2 gelas air, campur dalam botol semprot dan semprotkan ke area yang berjamur dan berlumut. Terpenting, jangan bilas.

Hidrogen peroksida

Semprotka larutan hidrogen peroksida ke area yang berjamur dan biarkan selama 10 menit. Gosok hingga bersih, lalu lap dengan kain lembab untuk menghilangkan sisa spora jamur.

Anda juga dapat menggunakan hidrogen peroksida dan cuka bersama-sama, lalu menyimpan botol di tempat yang gelap (karena cahaya akan merusak potensi hidrogen peroksida).

Baca juga: 5 Cara Alami Menghilangkan Jamur Hitam di Rumah

Baking soda

Baking soda adalah bahan abrasif yang efektif digunakan membersihkan noda minyak yang membandel.Unsplash/Howtogym Baking soda adalah bahan abrasif yang efektif digunakan membersihkan noda minyak yang membandel.

Dicampur dengan cuka dan air atau tidak, baking soda memang ampuh mengusir jamur dan lumut secara alami.

Larutkan baking soda ke dalam air atau larutan air dan cuka, dan semprotkan ke permukaan berjamur dan berlumut.

Diamkan, lalu gosok dan lap dengan kain lembab. Baking soda adalah disinfektan alami dan sangat ringan, sehingga larutan ini akan membersihkan jamur tanpa meninggalkan aroma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com