Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/11/2021, 18:00 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Bukan rahasia jika baking soda dan cuka merupakan dua bahan yang serba guna dan ampuh membersihkan berbagai macam kotoran di rumah.

Selain itu, kedua bahan ini alami, bebas kimia, lebih murah, dan menghasilkan limbah kemasan yang jauh lebih sedikit daripada ketika kamu harus membeli berbagai macam produk kebersihan. Lalu, apa saja kegunaan cuka dalam membersihkan rumah?

Melansir dari Treehugger pada Kamis (11/11/2021) berikut ini manfaat cuka untuk membersihkan berbagai kotoran dan kuman saat mencuci pakaian.

Baca juga: Cara Membersihkan Oven dengan Baking Soda dan Cuka

Menghilangkan bau kimia manufaktur

Ketika membeli pakaian baru, baru kimia terasa begitu menyegat. Oleh sebab itu, selain mencuci pakaian baru sebelum digunakan, ada baiknya untuk menambahkan 1/2 cangkir cuka putih ke dalam air membantu menghilangkan bahan kimia manufaktur.

Menghilangkan serat menempel

Tambahkan 1/2 cangkir ke siklus bilas untuk mencegah serat menempel pada pakaian. Ini akan jadi solusi mudah yang wajib Anda coba saat mencuci baju.

Baca juga: Tips Membasmi Nyamuk di Rumah dengan Cuka dan Cara Membuatnya

Menghilangkan bulu hewan yang merekat

Ilustrasi menggunakan lint roller untuk membersihkan debu dan bulu hewan peliharaan. FREEPIK/WHATWOLF Ilustrasi menggunakan lint roller untuk membersihkan debu dan bulu hewan peliharaan.

Memelihara kucing atau anjing di rumah memang menyenangkan, tapi terkadang bulu-bulunya suka menempel di pakaian.

Hal ini tentu mengganggu Anda, terutama menyulitkan Anda saat mencuci pakaian. Namun, dengan menambahkan cuka ke siklus bilas membuat bulu hewan tidak menempel ke baju.

Baca juga: 5 Peralatan Dapur yang Ampuh Dibersihkan dengan Cuka

Menghilangkan kusam pada pakaian

Tambahkan 1/4 cangkir cuka ke bilasan terakhir untuk membantu melarutkan alkali dalam sabun dan deterjen yang dapat membuat pakaian terlihat kotor.

Membersihkan mesin cuci

Cuka tak hanya baik untuk pakaian, namun juga dapat membersihkan kotoran di mesin cuci dengan cara memasukkan secangkir air cuka ke dalam mesin cuci lalu jalankan mesinnya tanpa baju, hanya air cuka saja.

Baca juga: Tips Membersihkan Peralatan dan Furnitur Kayu dengan Cuka

Mencerahkan pakaian

Kaus kaki putih dan handuk piring abu-abu dapat disegarkan dengan menambahkan satu cangkir cuka ke dalam panci besar berisi air, didihkan, matikan api, masukkan barang-barang, dan biarkan meresap semalaman. Cuci seperti biasa keesokan harinya.

Menghilangkan jamur pada pakaian

Gunakan cuka sebagai pengganti pemutih pada barang-barang yang telah dibanjiri jamur.

Baca juga: Ingat, Jangan Bersihkan 6 Benda Ini dengan Cuka

Menghilangkan kotoran di sekitar kerah baju

Buat pasta dari duo dinamis (baking soda + cuka) dan gosokkan ke area yang kotor di sekitar kerah baju lalu cuci seperti biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com