Kompas.com - 24/10/2021, 18:04 WIB
Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICAIlustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma.

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuka bukan hanya bahan makanan yang digunakan untuk mengolah berbagai macam hidangan. Namun demikian, cuka juga dapat digunakan sebagai bahan pembersih berbagai benda di rumah.

Dari meja hingga talenan, kasur hingga microwave, kompor hingga kepala shower, benda-benda tersebut bisa dibersihkan dengan cuka.

Di samping itu, ada banyak manfaat membersihkan dengan cuka. Murah, ramah lingkungan, dan tidak beracun, pun sangat efektif untuk menghilangkan bakteri, noda, dan kotoran.

Baca juga: Cara Membersihkan Kerak Pintu Kaca Kamar Mandi dengan Lemon dan Cuka

Meskipun demikian, tidak semua benda di rumah bisa dibersihkan dengan cuka. Apabila Anda tetap membersihkan benda-benda ini dengan menggunakan cuka, Anda malah akan merusaknya.

Cara membersihkan casing HP kayu bisa menggunakan larutan cuka.SHUTTERSTOCK/FOTOHELIN Cara membersihkan casing HP kayu bisa menggunakan larutan cuka.

Dikutip dari Better Homes & Gardens Australia, Minggu (24/10/2021), berikut beberapa benda yang tidak boleh dibersihkan dengan cuka.

1. Meja granit dan marmer

Membersihkan meja granit dan marmer dengan cuka sangat dilarang. Sifat asam cuka dapat menghitamkan granit dan mengetsa marmer.

2. Tumpahan telur

Cuka adalah rahasia untuk menyempurnakan telur rebus karena suatu alasan, yakni cuka membantu menjaganya tetap utuh.

Baca juga: 7 Manfaat Cuka untuk Mencuci Pakaian, dari Mencerahkan sampai Usir Bau

Akan tetapi, jangan menggunakan cuka untuk membersihkan tumpahan telur. Menggunakan cuka untuk membersihkan telur hanya akan membuat segalanya menjadi lebih sulit.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.