Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2021, 18:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuka bukan hanya bahan makanan yang digunakan untuk mengolah berbagai macam hidangan. Namun demikian, cuka juga dapat digunakan sebagai bahan pembersih berbagai benda di rumah.

Dari meja hingga talenan, kasur hingga microwave, kompor hingga kepala shower, benda-benda tersebut bisa dibersihkan dengan cuka.

Di samping itu, ada banyak manfaat membersihkan dengan cuka. Murah, ramah lingkungan, dan tidak beracun, pun sangat efektif untuk menghilangkan bakteri, noda, dan kotoran.

Baca juga: Cara Membersihkan Kerak Pintu Kaca Kamar Mandi dengan Lemon dan Cuka

Meskipun demikian, tidak semua benda di rumah bisa dibersihkan dengan cuka. Apabila Anda tetap membersihkan benda-benda ini dengan menggunakan cuka, Anda malah akan merusaknya.

Cara membersihkan casing HP kayu bisa menggunakan larutan cuka.SHUTTERSTOCK/FOTOHELIN Cara membersihkan casing HP kayu bisa menggunakan larutan cuka.

Dikutip dari Better Homes & Gardens Australia, Minggu (24/10/2021), berikut beberapa benda yang tidak boleh dibersihkan dengan cuka.

1. Meja granit dan marmer

Membersihkan meja granit dan marmer dengan cuka sangat dilarang. Sifat asam cuka dapat menghitamkan granit dan mengetsa marmer.

2. Tumpahan telur

Cuka adalah rahasia untuk menyempurnakan telur rebus karena suatu alasan, yakni cuka membantu menjaganya tetap utuh.

Baca juga: 7 Manfaat Cuka untuk Mencuci Pakaian, dari Mencerahkan sampai Usir Bau

Akan tetapi, jangan menggunakan cuka untuk membersihkan tumpahan telur. Menggunakan cuka untuk membersihkan telur hanya akan membuat segalanya menjadi lebih sulit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com