Kompas.com - 02/11/2021, 14:30 WIB
Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICAIlustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma.

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuka menjadi salah satu bahan pembersih yang dapat digunakan untuk membersihkan kayu dengan sangat baik karena tidak akan merusak lapisan kayu atau melengkungkan kayu.

Membersihkan kayu dengan cuka merupakan cara alami yang lebih baik daripada menggunakan pembersih kimia yang terkadang beracun serta mahal. 

Baca juga: Catat, 6 Benda di Dapur yang Bisa Dibersihkan dengan Cuka

Membersihkan kayu dengan cuka memiliki banyak keuntungan seperti hemat biaya, menghilangkan bau, juga tidak beracun bagi manusia dan hewan peliharaan.

Meski begitu, kamu perlu mengetahui cara tepat membersihkan beragam permukaan kayu dengan cuka.

Dilansir dari Hunker, Selasa (2/11/2021), berikut tips membersihkan beberapa peralatan dan furnitur kayu dengan cuka. 

Baca juga: Ingat, Jangan Bersihkan 6 Benda Ini dengan Cuka

Panel kayu

Dalam sebuah wadah, campurkan secangkir cuka dengan secangkir minyak zaitun dan empat cangkir air hangat. Aduk-aduk semua bahan hingga larut merata untuk digunakan sebagai larutan pembersih kayu.

Gunakan kain lembut untuk mengoleskan larutan pembersih ke bahan kayu. Selanjutnya, keringkan permukaan kayu dengan kain bersih dan lembut.  Setelah itu, kamu tidak perlu melakukan pembilasan pada permukaan kayu. 

Talenan kayu

Ilustrasi talenan kayu.SHUTTERSTOCK/EVGENY KARANDAEV Ilustrasi talenan kayu.
Lap permukaan talenan kayu dengan kain yang telah diberi cuka. Setelah itu, kamu tidak perlu membilas atau mengeringkan papan talenan kayu sesudahnya. 

Baca juga: 7 Manfaat Cuka untuk Mencuci Pakaian, dari Mencerahkan sampai Usir Bau

Lantai kayu

Sebelum dibersihkan dengan cuka, bersihkan lantai kayu terlebih dahulu dengan cara biasa. Jika sudah, campurkan satu cangkir cuka ke dalam wadah berisi 3,5 liter air hangat.

Gunakan kain atau pel untuk membersihkan lantai dengan larutan cuka. Bersihkan lantai kayu beberapa kali untuk menghilangkan semua residu yang tidak diinginkan.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Hunker
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.