Kompas.com - 06/11/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICAIlustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma.

JAKARTA, KOMPAS.com - Nyamuk yang muncul dan berterbangan di rumah merupakan sebuah gangguan, bahkan berisiko berbahaya bagi kesehatan

Pasalnya, nyamuk dapat menyebabkan penyakit demam berdarah dan malaria. Namun, membasmi nyamuk di rumah menggunakan semprotan serangga juga bisa berbahaya bagi pernapasan lantaran mengandung bahan kimia.

Untuk itu, mengusir nyamuk dengan bahan alami merupakan pilihan tepat. Salah satu bahan alami yang bisa dipilih adalah cuka

Melansir dari Hunker, Sabtu (6/11/2021), berikut tips membasmi nyamuk dengan cuka dan cara membuatnya. 

Baca juga: 5 Bunga Pengusir Nyamuk, Cocok Ditanam di Halaman Rumah

Cuka sebagai pengusir nyamuk

Untuk menjadikannya minuman untuk diet, cobalah mencampurkan 1-2 sendok makan cuka sari apel ke dalam satu cangkir air dan meminumnya setiap hari.FREEPIK/RAWPIXEL.COM Untuk menjadikannya minuman untuk diet, cobalah mencampurkan 1-2 sendok makan cuka sari apel ke dalam satu cangkir air dan meminumnya setiap hari.
Selain berbahaya bagi pernapasan, beberapa semprotan serangga komersial juga tidak selalu disukai untuk digunakan di sekitar anak-anak atau hewan peliharaan serta memiliki harga yang mahal.

Obat pembasmi nyamuk yang dibuat dengan cuka adalah cara efektif, relatif mudah, dan murah untuk menangkal nyamuk serta hama yang berkeliaran. 

Baca juga: 4 Cara Membasmi Nyamuk dari Halaman Rumah

Cuka adalah bahan alami beraroma kuat yang tidak disukai nyamuk. Serangga kecil ini akan melepaskan gigitan mereka saat merasakan adanya bau yang kuat seperti cuka. 

Cuka sari apel lebih disukai daripada cuka putih yang dicampur dengan air. Namun, kedua cuka tersebut bisa digunakan.

Caranya, campurkan cangkir cuka putih dengan tiga cangkir air dan tambahkan satu sendok teh sabun cuci piring agar larutannya lebih efektif. 

Baca juga: Tips Usir Nyamuk dari Rumah Saat Musim Hujan

 

Pengusir nyamuk untuk kulit

Jika ingin menghindari DEET, tetapi masih lebih menyukai produk penolak nyamuk yang teruji secara ilmiah, mencoba produk yang mengandung picaridin atau minyak lemon dari kayu putih sebagai solusi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Spruce
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.