Kompas.com - 02/11/2021, 07:55 WIB
Ilustrasi bunga floss. PIXABAY/GORAN HORVATIlustrasi bunga floss.

JAKARTA, KOMPAS.com - Nyamuk adalah salah satu serangga yang kehadirannya mengganggu di rumah. Bagaimana tidak, nyamuk dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Dilansir dari Country Living, Selasa (2/11/2021), nyamuk tidak hidup dari darah yang diisapnya. Saat dewasa, nyamuk memakan nektar tumbuhan tertentu, seperti talas, papirus, teratai, dan eceng gondok, jadi menghilangkan tanaman ini dari halaman rumah Anda dapat mengganggu.

Namun, ada hal di halaman rumah, seperti genangan air, juga bisa menjadi tempat nyamuk bersarang.

Baca juga: Tips Mewujudkan Rumah Bebas Nyamuk Demam Berdarah

Tidak hanya beberapa tanaman herbal, sejumlah tanaman bunga juga dapat ditanam di halaman rumah untuk mengusir nyamuk. Berikut beberapa bunga pengusir nyamuk.

Ilustrasi bunga Citronella Geranium. SHUTTERSTOCK/SNEZANA VASILJEVIC Ilustrasi bunga Citronella Geranium.

1. Citronella Geranium

Tidak semua geranium akan mengusir nyamuk. Akan tetapi, jenis Citronella Geranium, yang secara resmi dikenal sebagai Pelargonium citrosum menghasilkan semacam minyak yang berbau seperti minyak serai, dapat mengusir serangga termasuk nyamuk.

2. Bunga Floss (Ageratum houstounianum)

Meskipun mereka bukan pengusir nyamuk yang paling kuat, namun bunga ungu yang indah ini menghasilkan aroma yang tidak disukai nyamuk, menurut Home Guides SF Gate.

3. Lavender

Tanaman bunga ini memiliki aroma yang menyenangkan bagi manusia. Akan tetapi, aroma lavender tidak disukai oleh nyamuk.

Baca juga: Tips Usir Nyamuk dari Rumah Saat Musim Hujan

Jauhkan nyamuk dengan menanam varietas lavandin, yang memiliki konsentrasi kapur barus yang tinggi. Tidak hanya nyamuk, tanaman ini juga membuat ngengat dan lalat menjauh.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.