Kompas.com - 31/10/2021, 08:48 WIB
Ilustrasi nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah, zika, chikungunya. Nyamuk ini, khususnya nyamuk betina menjadi vektor virus arbovirus, yakni virus penyebab penyakit-penyakit tersebut. SHUTTERSTOCK/Tacio Philip SansonovskiIlustrasi nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah, zika, chikungunya. Nyamuk ini, khususnya nyamuk betina menjadi vektor virus arbovirus, yakni virus penyebab penyakit-penyakit tersebut.

JAKARTA, KOMPAS.com-- Musim hujan datang dengan berbagai jenis penyakit yang mengancam, salah satunya adalah demam berdarah (DBD). Penyakit yang terjadi karena gigitan nyamuk aedes aegypti ini bisa mengganggu kesehatan, bahkan berisiko kemarian.

Karena itu, penting untuk menjaga rumah dan lingkungan rumah agar tetap bersih dan sehat agar tidak digunakan oleh nyamuk sebgai tempat bersembunyi dan juga berkembang biak.

Baca juga: Tips Usir Nyamuk dari Rumah Saat Musim Hujan

Tips menjaga kebersihan rumah agar terhindar dari DBD

“Akhir-akhir ini, ada peningkatan insiden penyakit yang ditularkan nyamuk seperti malaria, demam berdarah, dan chikungunya. Nyamuk berkembang biak di air yang tergenang. Jadi, seseorang harus memberikan perhatian khusus pada saluran AC, saluran air yang tersumbat, tangki air di atas kepala, baki di bawah tanaman pot dan sebagainya,” ujar Dr Nikhil Kulkarni, spesialis penyakit infeksi dan dokter umum dari Mumbai, seperti dilansir dari Housing, Minggu (31/10/2021).

Untuk itu, dokter Nikhil mengimbau agar tetap menjaga kebersihan rumah dan menutup tempat penampungan air da juga yrmpat sampah.

"Di dalam rumah, nyamuk cenderung bersembunyi di bawah tempat tidur dan di balik tirai. Selain menggunakan obat nyamuk, pemilik rumah harus rutin membersihkan rumah," katanya.

"Untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah, kamu juga bisa memasang kawat kasa di pintu dan jendela, atau tidur dengan kelambu,” tambahnya.

Area yang harus dibersihkan

Untuk menjaga agar rumah terbebas dari ancaman DBD, berikut adalah beberapa area rumah yang sebaiknya kamu bersihkan.

1. Taman

Jika memiliki taman, kamu harus memastikan bahwa tidak ada kaleng, botol, mainan pecah, batok kelapa atau ban bekas yang dapat menampung air.

Tutup semua penampungan air, bersihkan juga taman dari daun-daun kering agar tidak digunakan sebagai tempat bersembunyi.

2. Kolam renang

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Housing
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.