Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/10/2021, 21:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Stylist

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan periode hujan yang telah tiba, maka kegelapan terasa tak terhindarkan. Kondisi ruangan yang gelap dan tidak mendapatkan cukup cahaya matahari tentu berpengaruh pada tanaman hias di dalam ruangan alias tanaman hias indoor.

Sementara kondisi cahaya rendah dapat mempengaruhi kesehatan tanaman hias, terutama jika Anda tinggal di rumah yang mendapat cahaya alami minimal, kondisi ini tentu bisa menjadi rumit.

Jadi, bagaimana Anda bisa tahu kapan tanaman tidak mendapatkan cukup cahaya? Apa yang dapat Anda lakukan?

Baca juga: 8 Tanaman Hias Ini Tidak Butuh Cahaya Matahari Langsung, Apa Saja?

Dilansir dari Stylist, Sabtu (30/10/2021), Jo Lambell, pendiri toko tanaman online Beards & Daisies memberikan penjelasannya.

Ilustrasi tanaman hias Homalomena Rubescens. SHUTTERSTOCK/SHADOW INSPIRATION Ilustrasi tanaman hias Homalomena Rubescens.

Apa saja tanda-tanda tanaman tidak mendapatkan cukup cahaya?

“Tanda peringatan utama bahwa kebutuhan cahaya tanaman Anda tidak terpenuhi adalah pertumbuhan yang kurus dan berkaki panjang. Ini terjadi ketika tanaman tumbuh dengan cepat, dan lemah, dalam mencari sumber cahaya dengan putus asa," ungkap Lambell.

Menurut Lambell, jika Anda melihat batang tipis dan kurus, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan kembali lokasi tanaman.

“Demikian pula, jika tanaman Anda mulai condong ke satu sisi, terutama jika ini untuk mencapai sumber cahaya, inilah saatnya untuk membawa mereka ke sisi terang," saran Lambell.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Ini Bisa Hidup di Ruangan Gelap

Tanaman apa yang paling membutuhkan cahaya?

Tradescantia purpursii, tanaman kuping gajah (alocasia) dan pakis asparagus mungkin membutuhkan cahaya ekstra di musim dingin. Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan tanaman dracaena, calathea, atau tanaman karet," papar Lambell.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com