Kompas.com - 28/10/2021, 18:18 WIB
Ilustrasi nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah, zika, chikungunya. Nyamuk ini, khususnya nyamuk betina menjadi vektor virus arbovirus, yakni virus penyebab penyakit-penyakit tersebut. SHUTTERSTOCK/Tacio Philip SansonovskiIlustrasi nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah, zika, chikungunya. Nyamuk ini, khususnya nyamuk betina menjadi vektor virus arbovirus, yakni virus penyebab penyakit-penyakit tersebut.

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mengusir nyamuk dari rumah, tidak sedikit orang masih mengandalkan pembasmi nyamuk berbahan kimia.

Namun, penggunaan pembasmi nyamuk bahan kimia cukup berisiko bagi kesehatan, terlebih jika tak sengaja menghirupnya. sebetulnya, ada beberapa cara alami membasmi nyamuk di rumah tanpa perlu menggunakan pembasmi nyamuk kimia.

Dilansir dari Bright Side, Kamis (28/10/2021), berikut cara alami mengusir nyamuk dari rumah secara alami. 

Baca juga: 4 Cara Membasmi Nyamuk dari Halaman Rumah

Letakkan tanaman alami

Tak hanya cantik, bunga marigold juga memiliki aroma yang kuat sebagai tanaman pengusir nyamuk dan mengandung pyrethrum seperti krisan.PIXABAY/BISHNU SARANGI Tak hanya cantik, bunga marigold juga memiliki aroma yang kuat sebagai tanaman pengusir nyamuk dan mengandung pyrethrum seperti krisan.
Obat nyamuk semprot dan sebagainya bukan satu-satunya agen pencegah nyamuk yang efektif. Ada beragam tanaman dan bumbu-bumbu herbal alami yang juga dapat mengusir nyamuk di rumah. 

Tanam beberapa tanaman pengusir nyamuk di kebun rumah. Dengan cara ini, kamu akan melindungi diri dan keluargamm di rumah dari nyamuk. 

Ada berbagai jenis tanaman pengusir nyamuk yang bisa dipilih, di antaranya basil atau kemangi, rosemary, catnip, lavender, serai, hingga marigold

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Tanaman Pembasmi Nyamuk

Semprotan lavender

Nyamuk membenci aroma dari lavender. Kamu dapat membuat semprotan dari minyak esensial lavender atau hanya mengoleskannya pada kulit. 

Lilin serai

Jika tidak memiliki tanaman pengusir nyamuk di rumah atau alergi terhadapnya, lilin serai atau lilin aroma serai bisa menjadi solusi bagus.

Serai adalah bahan pengusir serangga alami yang populer dan telah disetujui berbagai penelitian. Serai juga tidak memiliki efek samping sehingga rumah akan berbau segar dan kamu tidak akan diganggu nyamuk dan serangga. 

Baca juga: Resep Rumahan yang Ampuh Usir Nyamuk

Cuka sari apel

Bakteri tidak suka tumbuh di lingkungan asam, sehingga obat kumur cuka sari apel atau cuka putih dapat mengurangi pertumbuhan bakteri, yang pada akhirnya dapat dicoba sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut.FREEPIK/RAWPIXEL.COM Bakteri tidak suka tumbuh di lingkungan asam, sehingga obat kumur cuka sari apel atau cuka putih dapat mengurangi pertumbuhan bakteri, yang pada akhirnya dapat dicoba sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut.
Cuka sari apel memiliki banyak manfaat, termasuk mengusir nyamuk. Anda bisa memanfaatkan cuka sari apel untuk membuat semprotan antinyamuk. 

Tambahkan sedikit minyak serai untuk efek tambahan yang lebih kuat guna mengusir nyamuk. Semprotkan cairan cuka sari apel dan minyak sersi pada tempat-tempat biasa nyamuk berkumpul dan tunggu hasilnya. 

Baca juga: Tips Membasmi Nyamuk dari Air Kolam Tanpa Merusak Tanaman

Air sabun

Jika kamu menghabiskan banyak waktu di halaman atau luar rumah, maka letakkan piring dengan air sabun di dekatmu.

Setelah beberapa waktu, kamu akan melihat bahwa nyamuk akan tertarik pada air sabun dan mereka terperangkap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.