Kompas.com - 28/05/2022, 15:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menumpuk pakaian kotor di kamar tidur menjadi kebiasaan yang tidak disadari banyak orang. Padahal, selain menampilkan sisi tidak rapi dan tidak nyaman di dalam kamar tidur, pakaian kotor ini akan menyebabkan masalah lainnya, yakni menjadi sarang kutu busuk.

Terlebih, ketika Anda datang dari luar kota dan menumpuk pakaian kotor di dalam kamar. 

Dilansir The Sun, Sabtu (28/5/2022), dalam sebuah eksperimen, peneliti dari University of Sheffield meletakkan sekantong cucian kotor dan sekantong pakaian bersih di sebuah ruangan yang berisi kutu busuk.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Kapur Barus pada Pakaian, Cuci Pakai Cuka

Ilustrasi kucing duduk di cucian atau pakaian kotorShutterstock/MaxyM Ilustrasi kucing duduk di cucian atau pakaian kotor

Mereka menemukan bahwa serangga dua kali lebih mungkin berkumpul di tumpukan cucian kotor daripada di keranjang bersih.

Para peneliti mengatakan bahwa serangga, yang panjangnya bisa mencapai setengah sentimeter ini, tertarik pada seprai dan pakaian kotor karena mereka menyukai bau manusia.

Studi tersebut menjelaskan, kutu busuk tertarik pada bau manusia yang sedang tidur dan kami menyarankan bahwa pakaian kotor dapat memberikan isyarat yang sama menariknya, memungkinkan kutu busuk berkumpul di kantong cucian.

Hindari meletakkan pakaian kotor di kamar tidur setelah berpergian

Untuk menghindari penyebaran serangga di rumah, disarankan untuk menyimpan pakaian di ruang cuci jika Anda memilikinya, atau jauh dari tempat tidur dan perabotan lunak.

 

Baca juga: Cara Memutihkan Pakaian dengan Cuka

Anda juga harus melakukan pencucian secara teratur agar tidak menjadi sarang yang sempurna bagi serangga.

Dan untuk melindungi diri Anda saat bepergian, simpan pakaian kotor di dalam tas tertutup alih-alih di dalam koper terbuka. Ini akan membantu menghindari Anda membawa pulang serangga sebagai suvenir liburan yang tidak diinginkan.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Sun
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.