Kompas.com - 27/05/2022, 20:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pakaian dan kain putih dapat kehilangan kilauannya setelah beberapa kali mencucinya, bahkan beberapa tampak menguning. 

Selain itu, pakaian putih juga lebih mudah terkena noda dan beberapa sulit dihilangkan. Banyak orang beralih menggunakan pemutih klorin untuk memutihkan pakaian yang kusam. 

Baca juga: Hindari, 5 Benda Ini Tidak Boleh Dibersihkan dengan Cuka Pembersih

Namun, pemutih adalah bahan kimia kuat yang dapat menyebabkan iritasi pada mata, paru-paru, dan kulit. Sebagai alternatif yang aman, Anda bisa menggunakan cuka suling putih yang biasa ditemukan di dapur

Dilansir dari Hunker, Jumat (27/5/2022), cuka dapat memutihkan pakaian dan tidak mengadung bahan kimia beracun berbeda dengan pemutih klorin. 

Baca juga: Simak, 8 Tips Mencuci Pakaian yang Mudah Luntur 

Manfaat cuka 

Ilustrasi cuka sebagai pembersih alami.SHUTTERSTOCK/FOTOHELIN Ilustrasi cuka sebagai pembersih alami.
Cuka bekerja dengan baik untuk memutihkan pakaian putih secara alami. Selain itu, cuka juga bisa mencerahkan warna pakaian, menjadi pelembut kain alami, dan tidak akan memudarkan pakaian berwarna. 

Cuka juga ampuh menghilangkan bau pada pakaian. Untuk memanfaatkannya, masukkan seperempat cangkir cuka ke mesin cuci selama siklus bilas. Cuka akan memberikan aroma segar pada pakaian yang sudah sangat berbau apak. 

Baca juga: 7 Benda yang Bisa Dibersihkan dengan Baking Soda dan Cuka Putih 

Cara menggunakan cuka untuk memutihkan pakaian 

Untuk memanfaatkan cuka, caranya sama dengan mencuci pakaian yang biasa Anda lakukan. Berikut ini cara memutihkan pakaian dengan cuka: 

Pertama, periksa label pakaian sebelum memasukkan pakaian putih bernoda atau kotor mesin cuci. Pastikan pakaian tidak terbuat dari asetat, rayon, atau sutra saat menggunakan cuka.

Setelah itu, tambahkan detergen cucian, pilih siklus air dingin, dan jalankan mesin cuci. Kemudian, tuang cuka ke dalan kompartemen pelembut kain pada mesin cuci sekitar semperempat cangkir selama siklus pembilasan.

Selanjutnya, gantung pakaian untuk dikeringkan atau dikeringkan menggunakan mesin pengering. Namun, hindari mencampur cuka dengan pemutih karena dapat menghasilkan uap beracun. 

Baca juga: 5 Kesalahan yang Dilakukan Saat Mendesain Ruang Mencuci Pakaian 

Memutihkan kaus kaki 

Selain pakaian, cuka juga bisa membersihkan dan memutihkan kembali kaus kaki putih. Caranya, tuangkan satu cangkir cuka suling ke dalam wadah besar berisi air, lalu masukkan air tersebuh ke dalam panci untuk dipanaskan sampai mendidih. 

Setelah mendidih, masukkan kaus kaki, matikan kompor, dan biarkan kaus kaki di dalam panci selama semalam agar cairan cuka sebelum memasukkannya ke mesin cuci untuk siklus pencucian biasa pada keesokkan harinya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Hunker
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.