Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Pakaian Berwarna

Kompas.com - 22/05/2022, 16:24 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Mencuci pakaian merupakan salah satu rutinitas yang sering kita lakukan di rumah. Mencuci baju dengan benar dapat menjaga kualitas serat dan warna pada pakaian.

Kesalahan pada proses pencucian dapat menyebabkan pakaian menjadi kusam bahkan terkena noda luntur.

Banyak hal yang dapat menyebabkan pakaian terkena noda luntur saat proses pencucian, seperti mencampur pakaian dengan warna yang berbeda, penggunaan deterjen yang berlebihan atau jenis serat kainnya.

Noda luntur pada pakaian tentunya dapat membuat pakaian terlihat kusam dan tak sedap dipandang. Namun kamu tidak perlu khawatir dan langsung membuang pakaian kesayanganmu itu.

Melansir dari kanal Youtube Inggris, Minggu (22/5/2022), cobalah cara dibawah ini untuk mengatasi noda luntur pada pakaian kesayanganmu.

Baca juga: Tips Membersihkan Noda Cat Rambut pada Pakaian

Alat dan bahan

  • Deterjen
  • Air bersih
  • Panci
  • Kompor
  • Bambu atau sendok kayu

Langkah-langkah membersihkan noda luntur pada pakaian

Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.SHUTTERSTOCK / birdbyb stockphoto Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.

1. Siapkan alat dan bahan

Sebelum mencuci kembali pakaian dengan noda luntur, siapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Gunakan panci yang sudah tidak digunakan lagi, 1 sendok takar deterjen dan 3-4 liter air bersih.

2. Siapkan larutan untuk merebus pakaian

Tuang deterjen dan air bersih sesuai takaran ke dalam panci, kemudian aduk hingga rata. Letakkan panci yang berisi larutan deterjen ke atas kompor lalu nyalakan kompor.

Setelah air cukup panas, masukkan pakaian ke dalam panci lalu aduk menggunakan bambu atau sendok kayu hingga pakaian terendam.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Kuning pada Seprai dengan 2 Bahan di Dapur

3. Aduk-aduk pakaian hingga air berubah warna

Setelah air deterjen mendidih, aduk kembali pakaian dan perhatikan air mulai berubah warna. Air yang berubah warna menandakan jika noda luntur sudah larut ke air. Aduk hingga seluruh noda luntur pudar.

4. Matikan kompor

Setelah noda luntur sudah larut ke dalam air rebusan, matikan air dan diamkan hingga pakaian cukup dingin. Setelah pakaian dingin, ambil pakaian dan kucek pakaian seperti saat proses pencucian biasa.

Baca juga: Mudah, Cara Menghilangkan Noda pada Dinding Putih

5. Bilas dan jemur pakaian

Setelah semua noda luntur hilang, bilas pakaian hingga tidak ada busa deterjen yang tersisa. Jemur pakaian dengan cara menggantungnya di area yang tidak terkena sinar matahari langsung. Pakaian pun akan kembali bersih tanpa ada noda luntur yang tersisa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com