Kompas.com - 22/05/2022, 14:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Walaupun sudah sering dilatih untuk buang kotoran di tempat yang khusus, tetapi ada kalanya kucing bisa mengompol di kasur sehingga menimbulkan bau pesing.

Bila bekas air kencing kucing tidak segera dibersihkan, maka kemungkinan besar kucing akan kembali kencing di tempat tidur. Hal ini karena biasanya kucing akan membuang kotoran di tempat yang sama.

Oleh karena itu, jika kamu tahu kucing kesayangan telah membuang air seninya di kasur, sebaiknya segera dibersihkan dengan benar agar kucing tak mengulangi kesalahannya karena mencium bau bekas kencingnya.

Melansir dari channel YouTube Kucing Om Wepe, Minggu (22/5.2022) berikut cara membersihkan bau pesing dari kasur akibat ompol kucing.

Baca juga: Cara Mencegah Kucing Peliharaan Makan Terlalu Cepat

Alat dan bahan

  • Koran atau paper towel
  • Baking soda
  • Vacuum cleaner
  • Kain microfiber atau handuk lembut
  • Cuka putih
  • Air hangat
  • Alkohol
  • Sabun cuci piring
  • Botol spray

Baca juga: Ragam Penyebab Kucing Makan Terlalu Cepat dan Cara Mengatasinya

Cara menghilangkan bau pesing

1. Ambil beberapa paper towel atau kertas koran lalu taruh di atas kasur yang terkena ompol kucing. Hal ini berguna agar kasur kering dari air kencing kucing kesayangan.

2. Setelah kering, tabur baking soda di permukaan kasur. Jika baking soda berubah kuning, berarti masih ada sisa air kencing. Jadi, kamu perlu mengeringkannya lagi dengan koran.

3. Apabila baking soda tidak berubah warna, selanjutnya kamu bisa menyedotnya dengan vacuum cleaner sampai tak ada sisa butiran baking soda di kasur.

Baca juga: Cara Mencegah Kucing Makan Makanan Satu sama Lain

4. Selanjutnya campur satu cangkir cuka putih dengan dua cangkir air, aduk-aduk hingga semuanya tercampur merata.

5. Kemudian celupkan handuk ke dalam larutan cuka putih dan air yang telah kamu buat tadi. Peras kelebihan air sampai kain hanya terasa lembab. Lanjut seka bagian kasur yang terkena air kencing kucing. Lantas keringkan dengan kertas koran atau paper towel.

6. Berikutnya seka lagi kasur dengan air hangat, lalu keringkan dengan menaruh kertas koran di atasnya.

7. Langkah selanjutnya ambil satu cangkir alkohol, dua sendok makan baking soda, dan tiga tetes sabun cuci piring. Aduk hingga tercampur sempurna lalu masukkan ke botol spray.

Baca juga: Benang Bukan Mainan yang Aman untuk Kucing, Kenapa?

8. Kemudian semprot larutan pembersih ke bagian kasur yang terkena ompol. Kamu juga bisa menyekanya dengan kain bila tidak memiliki botol spray di rumah. Keringkan kasur dengan kertas koran lagi.

9. Seka kembali kasur dengan air hangat. taruh kertas koran di atasnya agar kasur cepat kering. Selesai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.