Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/05/2022, 07:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada saja penyebab pakaian kotor terkena noda. Jika tidak segera dibersihkan, noda pada pakaian bisa sulit dihilangkan dan membekas.

Ada banyak produk penghilang noda pada pakaian yang dijual di pasaran, yang terbuat dari bahan kimia. Namun demikian, banyak produk pembersih yang tidak direkomendasikan untuk anak kecil dan biasanya lebih mahal.

Dilansir The Spruce, Rabu (4/5/2022), berikut beberapa produk penghilang noda alami untuk pakaian yang dapat Anda gunakan untuk menggantikan produk penghilang noda berbahan kimia.

Baca juga: Simak, Ini Tips Mencerahkan Pakaian Putih yang Menguning

Ilustrasi baking soda atau soda kue. FREEPIK Ilustrasi baking soda atau soda kue.

1. Baking soda atau soda kue

Soda kue adalah penghilang bau alami yang sempurna untuk menjaga cucian tetap segar dan aman digunakan pada semua kain, termasuk pakaian tidur anak-anak.

Soda kue juga membantu meningkatkan kinerja deterjen, melembutkan kain, dan mengurangi busa untuk memuat lebih cepat di mesin cuci bukaan depan.

2. Air perasan lemon atau jeruk nipis

Air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis segar atau dalam kemasan 100 persen memiliki tindakan pemutihan alami pada kain karena asam asetat.

Jika Anda akan menggunakannya untuk membersihkan pakaian berwarna, sebaiknya buang sarinya sebelum menyebabkan perubahan warna permanen.

Baca juga: Simak, 8 Tips Mencuci Pakaian yang Mudah Luntur

Namun, Anda dapat menggunakan salah satu jenis jus pada kain putih untuk membantu menghilangkan noda kuning di ketiak atau noda karat.

3. Cuka putih suling

Cuka putih suling adalah pekerja ajaib di ruang cuci. Ini tidak mahal, lembut pada kain, dan lebih aman digunakan daripada pemutih klorin dan pelembut kain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com