Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/05/2022, 22:51 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah lantai di rumah Anda lengket setelah menjamu tamu di hari raya Idul Fitri? Jangan khawatir, Anda dapat mengepel lantai yang lengket dengan menggunakan bahan-bahan yang mungkin sudah ada di dapur Anda.

Dikutip dari Hunker, Selasa (3/5/2022), ada solusi sederhana untuk membersihkan lantai yang kotor dan lengket. Masalah ini dapat diatasi dengan cuka putih seperti banyak noda lainnya di rumah.

Cara membersihkan lantai kayu yang lengket

Perhatikan bahwa tidak semua jenis lantai harus dibersihkan dengan cuka. Lantai kayu keras yang tidak disegel tidak boleh dibersihkan dengan cuka.

Baca juga: 4 Jenis Lantai yang Cocok untuk Kamar Mandi

Ilustrasi mengepel lantai.SHUTTERSTOCK/VVOE Ilustrasi mengepel lantai.

Jika Anda tidak memiliki poliuretan atau lapisan bening lainnya di atas lantai kayu, jangan membersihkannya dengan cuka karena dapat merusak kayu.

Lantai kayu yang tidak dilapisi dan tidak disegel menyerap semuanya, yang berarti lantai ini memiliki risiko kerusakan yang lebih besar.

Idealnya, lantai kayu harus dilapisi. Anda dapat mempertimbangkan untuk menerapkan perawatan minyak biji rami setiap beberapa tahun untuk menjaga kayu terlihat indah dan membantu bertindak sebagai penghalang kelembapan.

Menurut Real Simple, lantai kayu yang dilapisi dan disegel dapat dibersihkan dengan cuka. Untuk melakukannya, campurkan sekitar 3 air panas dan 1 cangkir cuka putih ke dalam ember.

Baca juga: 5 Tips Memilih Material Lantai yang Tepat untuk Kamar Mandi

Gunakan kain pel lembut yang tidak akan menggores lantai, dan selalu menyedot debu atau menyapu lantai sebelum mengepel untuk menghilangkan kotoran.

Jangan pernah menggunakan cuka anggur merah atau cuka balsamik. Meskipun demikian, dalam keadaan darurat, cuka sari apel dapat digunakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com