Kompas.com - 18/05/2022, 22:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seprai bersentuhan langsung dengan tubuh setiap harinya. Untuk itu, tak jarang seprai yang sebelumnya memiliki warna yang lebih cerah lama-lama akan memudar, bahkan ada beberapa seprai yang menguning. 

Dilansir dari Apartment Therapy, Rabu (18/5/2022), faktanya adalah bahwa sebagian besar minyak tubuhlah yang membuat seprai menjadi kotor.

Satu-satunya hal yang lebih buruk adalah noda ini tidak mudah hilang dengan sekali pencucian biasa saja.

 

Baca juga: 6 Tips Mengatasi Seprai yang Sering Bergeser dari Kasur

Ilustrasi seprai dan sarung bantal bermotif gingham atau kotak-kotak. SHUTTERSTOCK/URSULA PAGE Ilustrasi seprai dan sarung bantal bermotif gingham atau kotak-kotak.

Oleh sebab itu, harus ada trik khusus untuk mencuci agar noda menguning ini hilang. Berikut cara menghilangkan noda kuning dan kotor di seprai. 

Gunakan soda kue dan cuka 

Untuk menghilangkan noda kuning pada seprai, tambahkan sekitar satu cangkir soda kue ke drum mesin cuci, lalu tambahkan cuka putih suling ke dispenser pelembut kain sebelum proses pencucian dilakukan.

Namun, hal yang perlu diketahui adalah mekanisme pemberian dosis dua bahan ini saat proses pencucian penting untuk diperhatikan.

Sebab, membiarkan cuka dan soda kue untuk bercampur dalam proses pencucian akan membuat dua bahan ini tidak bekerja dengan efektif.

 

Baca juga: Mengapa Seprai Baru Terasa Kaku? Ini Cara Mencucinya

Sebaliknya, memisahkan dua bahan ini dalam proses pencucian, memungkinkan mereka masing-masing untuk melakukan tugasnya lebih baik tanpa gangguan.

Pasalnya, cuka akan dilepaskan kemudian dalam siklus melalui dispenser pelembut kain di mesin cuci. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.