Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan, Kesalahan dalam Mencuci yang Dapat Merusak Pakaian

Kompas.com - 25/05/2022, 09:32 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika menemukan pakaian yang bernoda, banyak orang yang akan langsung memasukkannya ke dalam mesin cuci dan memulai proses pencuciannya.

Namun, ada satu hal yang sering dilupakan orang dan bisa merusak pakaiannya. 

Dilansir dari Better Homes and Gardens Australia, Rabu (25/5/2022) sebelum memasukkan pakaian bernoda ke mesin cuci, penting untuk merawat noda tersebut sebelum dicuci.

 

Baca juga: Stop Menyimpan Pakaian Kotor di Dalam Mesin Cuci, Ini Bahayanya

Ilustrasi pakaian bau, mencuci pakaian bau, ilustrasi mesin cuci.SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi pakaian bau, mencuci pakaian bau, ilustrasi mesin cuci.

"Tidak melakukan pra-perawatan cucian segera setelah noda tersebut ada dan sebelum memasukkannya ke mesin cuci akan membuat noda tersebut akan sulit hilang," ungkap  Corinna Williams, pendiri Celsious. 

Adapun menghilangkan noda akan membutuhkan perawatan yang lebih keras, yang pada akhirnya akan memperpendek masa pakai pakaian Anda.

Cara merawat pakaian bernoda

Sebelum melakukan cucian, periksa noda dan pastikan dibersihkan terlebih dahulu sebelum dicuci. Saat merawat noda, pastikan Anda menghilangkan noda tersebut daripada menggosoknya.

“Menggosok akan mendorong noda ke dalam kain dan merusak lapisan serat dan warna kain," jelas Williams. 

Baca juga: Tips Menjaga Lemari Pakaian Anak Tetap Rapi dan Teratur

Gunakan gerakan menggosok lembut di bawah air mengalir untuk membantu menghilangkan makanan kering, protein, atau noda minyak dari kain denim atau campuran katun atau poliester.

Setelah dirawat, pastikan pakaian yang terkena noda dicuci secara terpisah dengan air dingin, terutama jika Anda tidak yakin apa yang menyebabkan noda tersebut. Sebab, air panas dapat menyebabkan noda menempel.

Terakhir, pastikan noda telah dihilangkan sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com