Kompas.com - 25/05/2022, 07:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menempati rumah baru tentu menjadi pengalaman menyenangkan. Namun, bila Anda membeli rumah bekas, artinya rumah baru itu adalah rumah lama yang telah ditempat orang sebelumnya. 

Untuk itu, salah satu hal pertama yang perlu dilakukan saat menempati rumah baru adalah  melakukan beberapa pembaruan atau perbaikan. Apa yang harus diperbaiki dan apa yang harus dipertahankan. 

Baca juga: 6 Tips Membuat Rumah Baru Terasa Nyaman dan Betah Ditinggali

Pilih mana yang menjadi prioritas dan lakukan upgrade rumah yang paling mudah serta menghabiskan uang dan waktu sedikit. 

Nah, dilansir dari Hunker, Rabu (25/5/2022), berikut beberapa ide proyek perbaikan rumah yang perlu dilakukan setelah pindah untuk mengubah tampilan rumah menjadi baru. 

Bersihkan halaman

Ilustrasi rumah, ilustrasi halaman depan rumah.Shutterstock/Nature's Charm Ilustrasi rumah, ilustrasi halaman depan rumah.
Sebelum pergi berbelanja bunga dan tanaman baru, luangkan waktu merapikan taman. Pembersihan menyeluruh dapat memberi efek dramatis pada taman, terutama lanskap yang terabaikan.

Namun, biaya perbaikan taman dapat bertambah dengan cepat dan meledakkan anggaran perbaikan rumah. Jadi, Anda perlu melakukan secara bertahap, kemudian memprioritaskan perbaikan yang paling dibutuhkan. 

Baca juga: Membeli Rumah Baru Vs Rumah Tua, Ini Plus dan Minusnya

Berikan perubahan pada lemari dapur 

Banyak pemilih rumah lama yang meninggakan lemari atau kabinet dapur yang sudah usang. Tentu saja, hal itu membuat tampilan dapur terlihat kuno dan tidak menarik. 

Untuk itu, perbaiki segera tampilan lemari dapur. Untuk perbaikan cepat, lapisi lemari dengan cat baru, mengampelasnya, dan memolesnya, bahkan melapisinya kembali.

Setelah itu, mempertimbangkan mengganti perangkat keras lama untuk melengkapi tampilan dapur yang baru. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Tinggal di Rumah Baru

Tambahkan backsplash

Ilustrasi dapur, Ilustradi meja dapur dengan batu alam.Unsplash/Sidekix Media Ilustrasi dapur, Ilustradi meja dapur dengan batu alam.
Area backsplash dapur mendapat banyak perhatian karena berada di depan Anda. Memperbaiki atau memperbarui tampilan backsplash dapur jauh lebih mudah dan murah.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Hunker
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.