Kompas.com - 28/05/2022, 12:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Mendekorasi ruangan dengan tanaman hias kini menjadi pilihan yang cukup populer. Banyak pilihan jenis tanaman hias yang bisa kamu pilih, baik dari tampilannya yang cantik untuk melengkapi desain rumah maupun dari manfaatnya bagi lingkungan sekitarnya.

Tak hanya dikenal sebagai tanaman pemurni udara, beberapa tanaman hias ini juga dipercaya dapat memberikan efek menenangkan dan menghilangkan stres. Oleh sebab itu tanaman ini sangat cocok bila diletakkan di area bersantai dan beristirahat seperti ruang keluarga maupun kamar tidur.

Melansir dari Plantiful Interiors, Sabtu (28/5/2022), jika kamu memimpikan suasana rumah yang tenang dengan kualitas udara yang lebih baik, tak ada salahnya untuk memelihara satu dari 6 tanaman hias berikut ini.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Outdoor Pembawa Hoki Menurut Feng Shui

Peace lily

Sesuai namanya, tanaman peace lily dapat memberikan kedamaian dan ketenangan di ruangan dimana ia ditempatkan. Tanaman dengan bunga putih yang cantik ini sangat bermanfaat karena dapat menyaring 60% polutan udara berbahaya seperti amonia, benzena, xilena dan formaldehida.

Nah jika kamu memiliki kondisi ruangan yang cukup lembab, tanaman ini juga bisa menjadi solusi. Peace lily dapat menyerap kelembaban berlebih dari lingkungan yang lembab, jamur dan lumut.

Agar peace lily dapat tumbuh dengan subur, letakkan di dekat jendela yang menghadap ke utara atau barat dan siram secukupnya.

Baca juga: Manfaat Meletakkan Tanaman Hias Indoor di Luar Ruangan Saat Hujan

Lavender

Lavender sudah dikenal sebagai bahan herbal untuk mengatasi masalah kecemasan, insomnia, gelisah dan banyak penyakit lainnya. Aromanya yang menenangkan terbukti mempengaruhi otak, mengurangi stres dan kecemasan secara positif.

Selain itu ia juga dapat mengatasi masalah seperti sakit kepala dan mual. Meskipun biasanya lavender di tanam di luar ruangan, varietas kecil seperti French Lavender dapat disimpan di dalam ruangan untuk mengisi ruangan dengan aromanya yang lembut.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Terbaik yang Cocok Dipelihara di Apartemen

Aloevera

Tanaman aloe vera juga dikenal dengan kegunaannya sebagai tanaman obat. Gel lidah buaya sangat ampuh untuk menenangkan luka bakar dan lecet dan meningkatkan kesehatan kulit agar lebih lembab.

Tanaman ini juga memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang membantu mempercepat proses penyembuhan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.