Kompas.com - 28/05/2022, 14:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Tidur yang berkualitas tentunya dapat membuatmu segar dan lebih bersemangat untuk memulai aktivitas keesokan harinya.

Untuk menciptakan kamar tidur yang nyaman banyak hal bisa kamu lakukan, seperti memilih kasur terbaik, pencahayaan yang redup dan juga dengan menambahkan beberapa aroma yang membuatmu lebih rileks.

Ada beberapa tanaman hias dengan aroma menenangkan yang cocok diletakkan di dalam kamar tidur. Aroma dari tanaman hias ini dipercaya dapat memulihkan kesehatan psikis dan mengobati masalah seperti kecemasan dan kelelahan.

Melansir dari Bed Pillows, Sabtu (28/5/2022), berikut ini merupakan jenis tanaman hias dengan aroma menenangkan yang cocok untuk diletakkan di kamar tidur.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Outdoor Pembawa Hoki Menurut Feng Shui

Melati

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Bryan Raudenbush West Virginia's Wheeling Jesuit University, menghirup aroma melati sebelum tidur dapat membuatmu tidur yang lebih nyenyak yang ditandai dengan berkurangnya gerakan tidur.

Jika kamu mencium aroma melati sebelum tidur, kamu akan terbangun dengan perasaan lebih segar dan energi yang lebih banyak.

Kamu bisa meletakkan tanaman melati di area tidurmu atau gunakan minyak esensial beraroma melati untuk meningkatkan kualitas tidur.

Baca juga: Manfaat Meletakkan Tanaman Hias Indoor di Luar Ruangan Saat Hujan

Lavender

Aroma lavender dinobatkan sebagai salah satu aroma terbaik untuk tidur dan relaksasi oleh National Sleep Foundation karena kemampuannya untuk menurunkan detak jantung dan tekanan darah, menenangkan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur.

Banyak penelitian yang sudah membuktikan jika menghirup aroma lavender sebelum tidur akan membuatmu lebih rileks dan mengurangi kecemasan.

Untuk menanam lavender di kamar tidur, letakkan di ambang jendela yang terkena sinar matahari langsung. Pastikan tanahnya kering dan tidak lembab.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Terbaik yang Cocok Dipelihara di Apartemen

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.