Kompas.com - 29/05/2022, 08:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan pemilik anjing cenderung menyukai anjing peliharaannya bertubuh gempal, bahkan gemuk.

Anjing dengan tubuh gemuk dianggap lebih lucu dan menggemaskan. Padahal, anjing pada dasarnya merupakan hewan yang lucu serta menggemaskan dalam segala bentuk dan ukuran. 

Baca juga: 3 Penyebab Anjing Tidak Menyukai Makanannya

Namun, sebetulnya, para pemilik anjing perlu mengkhawatirkan dan mewaspadai saat sahabat bulunya bertubuh gemuk.

Pasalnya, anjing bertubuh gemuk lebih mudah menyebabkannya obesitas, yang akhirnya membuatnya lebih rentan mengalami sejumlah masalah kesehatan seperti diabetes melitus, jantung, osteoartritis, kanker, bahkan memperpendek usianya. 

Maka itu, sebagai "orang tua" anjing, Anda bertanggung jawab penting menjaga berat badan sahabat bulu serta mengetahui cara menjaganya. 

Nah, dilansir dari Honey, Minggu (29/5/2022), berikut cara menjaga berat badan anjing peliharaan tetap ideal. 

Baca juga: Waspada, Ini Tanda-tanda Anjing Kelebihan Berat Badan

Atur pola makan anjing 

Ilustrasi anjing makan. Cokelat bisa berbahaya untuk anjing. Anjing makan cokelat bisa menyebabkan mereka keracunan. Shutterstock/Chendongshan Ilustrasi anjing makan. Cokelat bisa berbahaya untuk anjing. Anjing makan cokelat bisa menyebabkan mereka keracunan.
Diet adalah aspek terpenting untuk menjaga berat badan anjing tetap ideal. Katherine Macmillan, dokter hewan yang berpraktik di Locum Veterinaria, Australia, mengatakan melakukan manajemen berat badan, yakni sekitar 80 persen diet dan 20 persen olahraga.

"Kebanyakan anjing, jika diberi kesempatan, akan makan lebih banyak dari yang mereka butuhkan dan akibatnya berat badannya bertambah," kata Macmillan. 

Baca juga: 6 Tips Membuat Anjing Peliharaan Lebih Sehat dan Berumur Panjang

Untuk alasan ini, kata Macmillan, cara terbaik adalah memberi makan anjing daripada membiarkannya makan dari mangkuk makanan sepanjang hari. 

"Jika manajemen berat badan menjadi masalah, pastikan Anda mengukur makanan yang diberikan untuk setiap kali makan, baik dengan menimbangnya maupun menggunakan gelas ukur metrik."

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Nine
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.