Kompas.com - 29/05/2022, 07:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa adalah salah satu furnitur utama di rumah, terutama di ruang keluarga dan ruang tamu.

Namun, memilih sofa yang sesuai dengan dekorasi dan ukuran ruangan bisa cukup sulit. Pasalnya, sofa datang dalam berbagai warna, kain atau material, gaya, dan ukuran. 

Baca juga: 5 Tips Mengatur Posisi Sofa dan Televisi yang Ideal agar Nyaman

Salah satu cara pasti mendapatkan tampilan sofa yang sesuai dengan ruangan adalah membuat sofa custom atau khusus. Meski memiliki harga cukup mahal, ada banyak pilihan yang terjangkau dan prosesnya lebih sederhana dari yang dibayangkan. 

Nah, dilansir dari My Decorative, Minggu (29/5/2022), berikut sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mendesain sofa custom. 

Tentukan anggaran 

Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi gorden atau tirai di ruang keluarga, ilustrasi sofa modularShutterstock/Svet_Feo Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi gorden atau tirai di ruang keluarga, ilustrasi sofa modular
Membuat sofa custom tidak selalu merogoh kocek terlalu dalam. Harga sofa custom bervariasi, tetapi kualitas dan harga tergantung pada ketersediaan bahan serta daya tahan sofa.

Untuk menghindari kekecewaan, pertimbangkan anggaran serta memilih material sofa yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Meletakkan Sofa di Ruang Tamu agar Nyaman 

Tentukan ukuran sofa 

Selain estetika dan desain yang diinginkan, alasan lain orang memilih membuat sofa custom karena ingin mendesain sofa yang sesuai dengan ruangan. 

Untuk itu, ukur panjang dan kedalaman sofa yang sesuai dengan kebutuhan serta ruangan Anda. Selain itu, Anda perlu mengidentifikasi konfigurasi bantal. Ini harus berdasarkan pada jumlah orang yang dapat ditampung sofa.

Ukuran sofa umumnya adalah empat, tiga, atau dua pilihan bantal. Bergantung pada merek sofa, Anda dapat memilih sofa yang lebih besar atau mendesain sofa sectional.

Sofa yang lebih dalam adalah pilihan sempurna untuk mereka yang lebih tinggi karena menjamin kenyamanan lebih. 

Baca juga: Terlihat Lebih Luas, 5 Ide Dekorasi Ruang Tamu Tanpa Sofa  

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.