Kompas.com - 28/05/2022, 20:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Wallpaper cukup populer digunakan sebagai pengganti cat dinding di ruangan. Pemasangan yang mudah dan motif yang beragam membuat wallpaper menjadi pilihan banyak orang untuk membuat huniannya terlihat lebih indah.

Meskipun pemasangannya cukup mudah, beberapa kesalahan dalam proses pemasangan dan pemilihan wallpaper justru dapat merusak tampilan dinding rumahmu.

Melansir dari kanal Youtube Alvino Senjaya, Sabtu (28/5/2022), sebelum memilih wallpaper yang tepat untuk hunianmu, sebaiknya hindari 3 kesalahan yang mungkin kamu lakukan berikut ini.

Baca juga: 6 Dekorasi yang Dapat Membuat Ruangan Tampak Lebih Besar

Kesalahan dalam pemilihan warna dan motif

Sebelum memilih warna dan motif wallpaper dinding, sebaiknya sesuaikan dengan keadaan ruanganmu.

Seringkali kita memilih warna gelap dengan motif yang ramai untuk ruangan dengan ukuran yang sempit.

Padahal hal ini dapat menciptakan ilusi ruangan yang lebih sempit dan padat. Untuk ruangan dengan luas 3x4 m sebaiknya gunakan warna wallpaper yang cerah agar ruangan tampak lebih luas dan lapang.

Baca juga: 4 Ide Dekorasi Dinding untuk Kamar Tidur Anak

Menggunakan wallpaper untuk ruangan lembab

Apakah kamu mengalami masalah kelembaban pada dinding rumah? Sebaiknya atasi dulu masalah kelembaban pada dinding ini dan jangan langsung menutupnya dengan wallpaper.

Dinding yang lembab tentunya mengandung air, bahan wallpaper yang mengandung kertas ini tidak bisa bertahan pada permukaan yang lembab.

Resikonya wallpaper tidak akan menempel dengan sempurna bahkan akan mulai ditumbuhi oleh jamur.

Baca juga: 4 Ide Dekorasi Ruang Makan untuk Memberi Tampilan yang Baru

Perbedaan wallpaper dan wall sticker

Ada 2 jenis pelapis dinding yang cukup populer yaitu wallpaper dan wall sticker. Meskipun sekilas tampak sama sebenarnya keduanya cukup berbeda.

Wall sticker memang lebih murah dari wallpaper namun kualitasnya sangatlah berbeda. Keduanya juga memiliki daya tahan dan cara pemasangan yang berbeda.

Sebaiknya ketahui mana jenis pelapis dinding yang benar-benar kamu butuhkan agar tidak terjadi kesalahan saat pembelian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.