Kompas.com - 28/05/2022, 20:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Kebiasaan tidur dengan lampu menyala ternyata bisa berakibat buruk pada kualitas tidur. Sebab, paparan cahaya membuat otak enggan untuk tidur nyenyak.

Akibat dari kualitas tidur yang buruk tersebut bisa memengaruhi kesehatan tubuh. Hal ini karena banyak aktivitas otak yang mendapatkan pengaruh negatif dari kurangnya kualitas tidur.

Melansir dari Healthline, Sabtu (28/5/2022) berikut ini efek samping dan manfaat yang mungkin akan kamu dapatkan jika tidur dengan lampu menyala.

Baca juga: Jangan Menumpuk Pakaian Kotor di Kamar Tidur, Ini Bahayanya

Efek samping tidur dengan lampu menyala

Orang-orang yang mengalami kesulitan tidur biasanya akan tertidur dalam 10-20 menit.Pexels Orang-orang yang mengalami kesulitan tidur biasanya akan tertidur dalam 10-20 menit.

Ada beberapa efek samping yang bisa kamu dapatkan jika tidur dengan lampu menyala selain kondisi yang memengaruhi otak secara negatif. Berikut ini beberapa efek samping tidur dengan lampu menyala.

Depresi

Paparan sinar, terutama sinar biru pada perangkat eletronik bisa membuat suasana hati yang buruk. Sementara tidur yang tak nyenyak bisa membuatmu murung dan sering marah-marah.

Baca juga: Tidur Lebih Nyenyak dengan Meletakkan 6 Tanaman Hias Ini di Kamar

Kegemukan

Studi baru-baru ini menemukan jika banyak orang yang mengalami obesitas tidur dengan lampu yang menyala. Hal ini karena kualitas tidur yang buruk atau kurangnya waktu tidur akan membuatmu makan lebih banyak keesokan harinya.

Bisa menyebabkan kecelakaan

Kualitas tidur yang buruk akan membuatmu kurang waspada. Sehingga akan sangat berbahaya jika kamu mengemudi keesokan harinya. Bahkan orang yang lebih tua akan rentan untuk terjatuh.

Baca juga: Feng Shui: 6 Tata Letak Furnitur yang Tepat agar Tidur Lebih Nyenyak

Meningkatkan risiko penyakit kronis

Tidur yang tak nyenyak juga bisa meningkatkan risiko penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan serangan jantung.

Manfaat tidur dengan lampu menyala

Orang-orang yang mengalami kesulitan tidur biasanya akan tertidur dalam 10-20 menit.Pexels Orang-orang yang mengalami kesulitan tidur biasanya akan tertidur dalam 10-20 menit.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.