Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Menambah Ruang Penyimpanan di Basement

Kompas.com - 29/05/2022, 07:52 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang bawah tanah atau basement sering kali menjadi ruang penyimpanan barang bekas, rusak, atau tidak lagi digunakan seperti sofa tua dan sisa dekorasi Natal.

Tak heran, ruang bawah tanah sering kali kotor, berantakan, dan berbau. Padahal, sama dengan ruangan lainnya di rumah, ruang bawah tanah dapat menjadi tempat penyimpanan yang rapi serta tertata, baik untuk barang yang masih digunakan maupun tidak lagi terpakai. 

Baca juga: 6 Tips Membawa Energi Positif ke Ruang Bawah Tanah Menurut Feng Shui 

Bahkan, disulap menjadi ruangan apa pun sesuai dengan kebutuhan dan keinginan seperti ruang santai, ruang kerja, ruang mencuci, kamar tidur tambahan, ruang keluarga kedua, hingga tempat olahraga. 

Untuk membuat ruang bawah tanah menjadi tempat penyimpanan yang rapi, pastikan mengatur dan menatanya dengan baik serta memiliki menyediakan penyimpanan yang memadai. 

Nah, dikutip dari My Domaine, Minggu (29/5/2022), berikut lima ide menambahkan tempat penyimpanan di ruang bawah tanah.

Baca juga: 7 Ide Ruang Bawah Tanah yang Unik dan Inspiratif

Tambahkan beberapa penyimpanan di bawah tangga

Ilustrasi ruang penyimpanan di bawah tangga.Shutterstock/Bilanol Ilustrasi ruang penyimpanan di bawah tangga.
Tangga adalah satu hal yang dimiliki semua ruang bawah tanah. Sering kali, tangga meninggalkan sudut yang canggung dan bentuk dinding yang aneh.

Namun, Anda dapat menggunakan ruang di bawah tangga untuk menambahkan beberapa rak. Rak di sepanjang dinding tangga dapat disesuaikan dengan bentuk ruang apa pun dan ini cara bagus untuk memberikan tujuan pada dinding yang tidak digunakan. 

Baca juga: 6 Jenis Lantai Terbaik untuk Ruang Bawah Tanah yang Sesuai Kebutuhan

Tambahkan beberapa rak built-in

Penyimpanan berkelas dan terbaik selalu dapat ditemukan di dalamnya dan ruang bawah tanah memiliki banyak ruang untuk itu.

Satu tempat bagus untuk menambahkan lemari atau rak built-in adalah area di sekitar TV. Ini akan membantu membingkai apa yang sudah menjadi titik fokus ruangan dan dapat menyimpan sistem permainan, rekaman, atau multimedia penting lainnya. 

Baca juga: 7 Ide Ruang Bawah Tanah yang Unik dan Inspiratif

Bawa penyimpanan ke ruang mencuci 

Ilustrasi ruang penyimpanan di kamar mandi, Ilustrasi penyimpanan handuk di kamar mandi.Shutterstock/New Africa Ilustrasi ruang penyimpanan di kamar mandi, Ilustrasi penyimpanan handuk di kamar mandi.
Banyak ruang bawah tanah menjadi ruang mencuci pakaian dan kebanyakan ruangan dalam kondisi gelap, dingin, suram, serta membutuhkan perubahan.

Apabila bersiap menata ulang ruang mencuci, pertimbangkan menambahkan beberapa tempat penyimpanan untuk beberapa seprai dan detergen tambahan. 

Baca juga: 7 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Garasi, Ini Bahayanya

Penyimpanan di ruang kerja 

Beberapa pemilik rumah mengubah ruang bawah tanah menjadi ruang kerja. Ini bisa menjadi tempat yang bagus karena jauh dari keriuhan rumah lainnya.

Namun, ruang kerja juga membutuhkan tempat penyimpanan untuk perlengkapan kantor, file, dan apa pun yang terkait dengan pekerjaan. 

Sebagai solusi, Anda bisa menambahkan rak built-in untuk penyimpanan yang mewah. Sementara itu, untuk pendekatan yang lebih ramah anggaran, gunakan rak buku yang serasi. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Warna Cat untuk Garasi agar Lebih Menarik dan Estetik

Rak dinding untuk menyimpan mainan anak 

Ruang bawah tanah adalah tempat bagus untuk ruang bermain anak karena biasanya terletak di luar jalur sehingga bisa menyembunyikan kekacauan.

Untuk meminimalkan kekacauan, Anda dapat melakukan sedikit organisasi ruang bermain bawah tanah. Jika memiliki ruang dinding, pertimbangkan menambahkan beberapa rak built-in untuk mengatur serta menyimpanan mainan anak. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com