Kompas.com - 27/01/2022, 07:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki ruang bawah tanah (basement) bisa dibilang sebagai sebuah hal istimewa. Begitu pun tinggal di apartemen basement terdengar keren.

Namun, tahukah Anda bahwa ruang bawah tanah memiliki reputasi relatif buruk dalam feng shui

Baca juga: 6 Jenis Lantai Terbaik untuk Ruang Bawah Tanah yang Sesuai Kebutuhan

Ruang bawah tanah menjadi tempat yang baik untuk menampung tamu, area penyimpanan. atau ruang serba guna, tetapi tidak direkomendasikan untuk tujuan hidup.

Kebanyakan praktisi feng shui menyarankan menghindari memilih ruang hidup seperti basement. Hal ini diyakini berdampak negatif pada psikologi dan emosional penghuni selama masa tinggal yang lama.

Namun, bila keadaan mengharuskan tinggal di ruang bawah tanah, berikut ini tips membawa energi positif ke basement menurut feng shui serta mengatasi tantangan dan meminimalkan dampak yang tidak diinginkan dikutip dari Feng Shui Beginner, Kamis (27/1/2022). 

Baca juga: 7 Tips Menerapkan Feng Shui di Kamar Tidur

Bawa pencahayaan sebanyak mungkin 

Ilustrasi pencahayaan di dalam rumahUnsplash/Outsite Co Ilustrasi pencahayaan di dalam rumah
Sebagian besar ruang bawah tanah tidak memiliki jendela sehingga menciptakan ruang yang gelap dan sempit. Ini akan menciptakan energi Yin yang berbahaya bagi manusia.

Sebagai solusi, selalu berusaha untuk menyeimbangkannya dengan elemen Yang. Jika pencahayaan alami tidak memungkinkan, gunakan lampu atau lampu Himalaya untuk mengimbangi kurangnya pencahayaan.

Pilih warna yang tepat

Hindari warna gelap dan cerahkan ruang bawah tanah dengan dinding berwarna terang. Ini akan memberikan nuansa lebih lapang dan terbuka sehingga Anda tidak akan merasa tertekan serta terhalang. 

Baca juga: Tanaman Lidah Mertua di Rumah, Baik atau Buruk Menurut Feng Shui?

Hadirkan tanaman hijau alami 

Ilustrasi tanaman hias lidah mertua di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi tanaman hias lidah mertua di dalam ruangan.
Tinggal di ruang bawah tanah dapat membawa penghuninya perasaan gelap dan dingin yang dapat mempengaruhi kesejahteraan mental.

Memperkenalkan tanaman ke dalam ruang ini dapat membantu membawa Qi yang lebih hidup untuk memperbaiki situasi. Bambu rejeki menjadi salah satu pilihan tanaman yang bisa bertahan dengan minim cahaya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.