Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Menyebabkan Anjing Peliharaan Tidak Suka Diajak Jalan-jalan

Kompas.com - 22/05/2022, 19:24 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com – Banyak film yang menggambarkan bahwa anjing merupakan hewan peliharaan yang gemar diajak berjalan-jalan.

Bahkan, anjing kerap digambarkan memiliki inisiatif untuk mengajak pemiliknya berjalan-jalan ke luar rumah. Hal ini pun akhirnya membuat sebagian orang mengira bahwa anjing merupakan hewan peliharaan yang suka diajak jalan-jalan. 

Baca juga: Ajak Anjing Jalan-jalan, Lebih Baik Pakai Kalung atau Harness?

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa ada beberapa pemilik anjing yang mengeluhkan sahabat bulunya justru kurang suka diajak jalan-jalan santai.

Artinya, stereotipe tentang anjing sebagai hewan peliharaan yang gemar diajak jalan-jalan tidak terlalu tepat. 

Rupanya, dikutip dari Cuteness, Minggu (22/5/2022), ada beberapa hal yang membuat anjing peliharaan tidak suka diajak jalan-jalan seperti berikut ini. 

Baca juga: 6 Tips Membuat Anjing Peliharaan Lebih Sehat dan Berumur Panjang

Masalah kesehatan

Ilustrasi anjing - Anjing ras English Bulldog.SHUTTERSTOCK / Ann Tyurina Ilustrasi anjing - Anjing ras English Bulldog.

Jika sebelumnya anjing peliharaan suka diajak jalan-jalan, tetapi saat ini kurang menyukainya, ini dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang dialami sahabat bulu. 

Saat melihat adanya masalah perilaku baru atau perubahan dalam aktivitas anjing, sebaiknya segera berkunjung ke dokter hewan untuk pemeriksaan fisik.

Perubahan ini dapat menjadi gejala dari kondisi medis atau cedera yang mungkin tidak kamu sadari. Suatu kondisi atau cedera dapat menyebabkan kegiatan jalan-jalan menjadi menyakitkan atau tidak nyaman bagi sahabat bulu.

Baca juga: Studi Ungkap Ajak Anjing Peliharaan Jalan-jalan Bisa Hilangkan Stres

Sensitif terhadap cuaca

Beberapa anjing lebih sensitif terhadap perubahan kondisi cuaca sehingga membuat sahabat bulu lebih senang berjalan-jalan selama musim tertentu.

Anjing yang memiliki bulu tebal mungkin merasa kurang nyaman berjalan saat cuaca sedang panas dan lembap. Sementara anjing yang lebih tua, berbulu pendek, dan anjing berukuran kecil cenderung tidak nyaman bepergian dalam cuaca dingin.

Apabila memperhatikan bahwa anjing peliharaan tidak suka jalan-jalan saat cuaca semakin dingin, pertimbangkan membelikannya mantel hangat.

Kemudian, ajari anjing untuk merasa nyaman mengenakan sepatu boots yang dapat melindungi bantalan kakinya yang sensitif. 

Baca juga: 6 Perabotan Rumah Tangga yang Dapat Membuat Anjing Ketakutan

Merasa cemas

Ilustrasi anjing, ilustrasi harness anjing, ilustrasi mengajak anjing jalan-jalan, ilustrasi anjing jalan-jalan.SHUTTERSTOCK / LanaG Ilustrasi anjing, ilustrasi harness anjing, ilustrasi mengajak anjing jalan-jalan, ilustrasi anjing jalan-jalan.
Stres dan kecemasan bisa menjadi alasan utama anjing peliharaan tidak mau diajak jalan-jalan. Beberapa anjing merasa gugup atau tidak nyaman berjalan di jalanan yang ramai dan bising. 

Jadi, perhatikan bahasa tubuh anjing saat sedang jalan-jalan. Misalnya, jika anjing terengah-engah meski cuaca sedang tidak panas atau ekornya terselip dan telinganya menempel erat ke kepala, kemungkinan besar sahabat bulu sedang merasa stres. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com