Kompas.com - 22/05/2022, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Buah dan sayur adalah sumber makanan yang sehat dan bergizi karena mengandung banyak protein nabati dan vitamin.

Namun, memakan buah dan sayur bisa menimbulkan penyakit berbahaya bila kamu tak mencucinya dengan benar.

Hal ini karena saat proses penanaman hingga berbuah, petani sering menggunakan zat kimia untuk menopang hidup tanaman. Mulai dari pupuk hingga obat pengusir hama atau pestisida.

Oleh karena itu, kamu perlu mencuci buah dan sayur dengan benar, berikut caranya yang telah dilansir dari channel YouTube Hydrofarm TV Indo, Minggu (22/5/2022).

Baca juga: 3 Bahan Alami yang Dapat Digunakan untuk Mencuci Buah dan Sayur

Alat dan bahan untuk mencuci buah

  • Baking soda
  • Garam
  • Air
  • Cuka sari apel
  • Baskom atau ember plastik

Baca juga: Cara Menanam Buah Naga di Pot agar Cepat Berbuah

Cara mencuci sayur dan buah dengan benar

  1. Ambil baskom yang memiliki kapasitas 2-3 liter air. Lalu isi baskom dengan air sepertiganya.
  2. Tambahkan 1 sendok makan baking soda, 2 sari cuka apel, dan 2 sendok garam. Aduk-aduk hingga ketiga bahan tersebut tercampur dan larut dengan air.
  3. Selanjutnya celupkan sayur dan buah ke dalam larutan tersebut. Biarkan terendam selama lima belas menit agar lapisan pestisida atau pengawet pada sayur dan buah hilang.
  4. Setelah itu bilas buah dan sayur di bawah air yang mengalir sampai kamu rasa bersih.
  5. Lanjut tiriskan buah dan sayur. Bila belum ingin dimakan sekarang, kamu bisa menaruhnya di sebuah wadah kedap udara lalu menyimpannya di kulkas.

Baca juga: Cuci Buah dan Sayuran dengan Soda Kue untuk Hilangkan Zat Pestisida

Tips sehat memakan buah dan sayur
Ilustrasi mencuci sayuran.Kampus Production/ Pexels Ilustrasi mencuci sayuran.

 

Ketika makan buah seperti mangga, sebaiknya kamu mengupas kulit luarnya. Hal ini agar bahan kimia yang ada di kulit seperti pestisida atau lilin pengawet makanan hilang.

Namun, untuk buah-buahan dengan kulit tipis seperti anggur dan apel, kamu bisa memakan kulit luarnya. Asal mencucinya dengan metode campuran larutan garam, sari cuka apel, dan baking soda.

Sebab, sari cuka apel yang bersifat asam akan membunuh bakteri yang ada di buah dan sayur. Sementara untuk baking soda dan garam berguna untuk menghilangkan bahan dan pengawet di makanan.

Baca juga: 3 Cara Mengusir Lalat Buah Tanpa Menggunakan Cuka

Lalu ketika memasak sayur, langkah terbaiknya dengan tidak menutup wajan atau panci. Hal ini dimaksudkan agar bahan kimia yang tersisa pada sayur bisa keluar melalui uap masakan ke udara.

Dengan begitu, kamu bisa mengurangi paparan bahan kimia pada makanan yang kamu konsumsi. Sehingga mengurangi risiko penyakit berbahaya seperti kanker.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.