Kompas.com - 22/05/2022, 15:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Noda darah seringkali membekas di pakaian maupun seprai. Sebenarnya noda ini cukup mudah untuk dibersihkan, kamu bisa langsung membersihkannya dengan deterjen ataupun baking soda.

Namun jika noda darah sudah terlalu lama dibiarkan dan tidak langsung dibersihkan, noda akan mengendap di serat kain sehingga lebih sulit untuk dibersihkan.

Untuk membersihkan noda darah yang sulit hilang ini, kamu membutuhkan larutan dengan kandungan yang cukup keras.

Baca juga: Cara Efektif Menghilangkan Bau Keringat pada Seprai

Melansir dari kanal Youtube EK TV Chanel, Minggu (22/5/2022), salah satu larutan yang dikenal ampuh untuk mengangkat noda darah adalah oxyboost.

Larutan oxyboost ini bisa kamu temukan di toko bahan laundry. Pastikan untuk menggunakan sarung tangan karena larutan ini dapat menimbulkan reaksi pada permukaan kulit.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Kuning pada Seprai dengan 2 Bahan di Dapur

Alat dan bahan

  • Oxy Boost
  • Sarung tangan
  • Sikat gigi bekas
  • Sabun batang
  • Air bersih

Baca juga: 6 Tips Mengatasi Seprai yang Sering Bergeser dari Kasur

Langkah-langkah membersihkan noda darah

Ilustrasi lemari, ilustrasi lemari handuk, ilustrasi lemari seprai.SHUTTERSTOCK / Kostikova Natalia Ilustrasi lemari, ilustrasi lemari handuk, ilustrasi lemari seprai.

1. Gunakan sarung tangan dan masker

Oxyboost merupakan larutan yang ampuh untuk mengangkat noda membandel seperti noda jamur dan darah. Namun sebelum menggunakan larutan ini sebaiknya gunakan sarung tangan lateks dan masker agar lebih aman.

2. Aplikasikan larutan di atas kain

Gunakan sikat gigi bekas untuk mengoleskan larutan oxyboost ke atas seprai yang terdapat noda darah. Pastikan untuk tidak menggunakan larutan secara berlebihan. Kemudian sikat noda dengan lembut hingga noda mulai pudar.

Baca juga: Seprai Katun Vs Serat Bambu, Mana yang Lebih Nyaman Digunakan?

3. Diamkan selama beberapa menit

Setelah mengoleskan larutan oxyboost ke atas noda, diamkan beberapa menit agar larutan bereaksi untuk mengangkat noda.

4. Sikat dengan sabun

Setelah kain didiamkan selama beberapa menit, sikat noda menggunakan sabun batang, air bersih dan sikat gigi bekas hingga seluruh noda terangkat. Agar lebih bersih cuci seprai dengan siklus pencucian biasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.