Kompas.com - 30/04/2022, 07:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi mereka yang memelihara anjing di rumah, anjing tak hanya sekadar hewan peliharaan, tapi sudah menjadi seperti sahabat dan keluarga. 

Keberadaan anjing di rumah memberi kebahagiaan, mengusir rasa bosan, menghilangkan stres, bahkan memperpanjang usia. Semakin banyak bukti yang menghubungkan anjing dengan kesehatan yang baik. 

Baca juga: 6 Perabotan Rumah Tangga yang Dapat Membuat Anjing Ketakutan

Sebuah penelitian menunjukkan anjing dapat membuat pemiliknya tetap aktif, mendorong keterlibatan sosial, dan memaksa pemiliknya untuk berada di luar ruangan sehingga dapat menghilangkan stres.

Sebuah analisis yang diterbitkan dalam Circulation: Cardiovascular Quality & Outcomes, jurnal peer-review dari American Heart Association, mengungkapkan bahwa memiliki anjing telah dikaitkan dengan umur panjang.

Untuk membuat hidup lebih menyenangkan bersama anjing peliharaan, penting menjaga kesehatan anjing, yang akhirnya bisa memperpanjang usia harapan hidup anjing

Nah, dilansir dari Mind Body Green, Sabtu (30/4/2022), berikut sejumlah tips membuat anjing lebih sehat dan berumur panjang. 

Baca juga: 14 Ras Anjing yang Jarang Mengalami Kerontokan Bulu 

Terapkan kardio ke anjing peliharaan

Ilustrasi anjing dan tanaman hias. Shutterstock/Jus_Ol Ilustrasi anjing dan tanaman hias.
Anjing peliharaan perlu bergerak setiap hari. Membiarkan anjing peliharaan berada di dalam rumah hanya akan membuatnya sahabat bulu bosan serta cemas.

Sederhananya, semakin banyak anjing bergerak, semakin tenang mereka. Saat mengaja anjing keluar, hindari permukaan beton. Sebaiknya, melakukannya di atas tanah dan rumput karena ini sangat ideal untuk hewan peliharaan. 

Baca juga: 8 Ras Anjing yang Tidak Cocok untuk Penderita Alergi

Berikan pengalaman sensorik harian

Ekskursi emosional di luar ruangan dapat memberi makan otak dan memelihara kesejahteraan kognitif anjing. Ya, kardio sangat penting untuk tonus otot, dukungan kekebalan, dan mengurangi stres.

Untuk itu, perlu mengajakan anjing berjalan-jalan setidaknya sekali sehari untuk menjaga kesehatan mentalnya. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.