Kompas.com - 26/05/2022, 09:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan dalam segala bentuk serta ukuran.

Namun, kebanyakan orang cenderung menyukai anjing yang bertubuh gempal, bahkan gemuk. Anjing dengan tubuh gemuk terlihat semakin menggemaskan.

Baca juga: 6 Fakta Unik Anjing Labrador Retriever yang Lincah dan Serbaguna

Namun, sebetulnya, para pemilik anjing perlu mengkhawatirkan dan mewaspadai ketika sahabat bulunya bertubuh gemuk. 

Pasalnya, anjing bertubuh gemuk lebih mudah menyebabkan kegemukan atau obesitas, yang akhirnya membuatnya lebih rentan mengalami sejumlah masalah kesehatan seperti diabetes melitus, jantung, osteoartritis, kanker, bahkan memperpendek usianya.

Karena itu, sebagai "orang tua" anjing, penting untuk bertanggung jawab terhadap berat badan anjing peliharaan dan mengetahui tanda-tanda anjing kegemukan

Baca juga: Ingin Menitipkan Anjing Peliharaan ke Pet Hotel? Siapkan 5 Hal Ini

Tanda anjing kegemukan dan kekurusan 

Ilustrasi anjing kegemukan.Shutterstock/Mary Swift Ilustrasi anjing kegemukan.
Untuk mengetahui, tanda-tanda anjing kegemukan sangatlah mudah. Ada beberapa tanda yang menunjukkan anjing kegemukan atau kelebihan berat badan. 

"Tanda paling jelas bahwa anjing kelebihan berat badan adalah mereka tampak sedikit gemuk karena kelebihan lemak yang menumpuk di sekitar tubuh," kata Katherine Macmillan, dokter hewan yang berpraktik di Locum Veterinaria, Australia, kepada 9Honey, Kamis (26/5/2022). 

Macmillan mengatakan ada sebagian anjing secara alami lebih gemuk daripada anjing lain, tetapi semua harus memiliki pinggang yang jelas jika dilihat dari atas dan samping—profil mereka harus "terselip" di depan bagian belakangnya. 

Baca juga: 5 Bahaya yang Harus Diwaspadai Saat Mengajak Anjing Berjalan di Luar

"Ini mungkin lebih sulit diukur pada anjing yang memiliki bulu lebat atau panjang, kecuali dalam keadaan basah."

Selain itu, tanda anjing kegemukan adalah mudah kelelahan. Anjing yang kelebihan berat badan sering kali merasa lesu dan kurang antusias untuk berolahraga.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Nine
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.