Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Menjaga Berat Badan Anjing Peliharaan Tetap Ideal

Anjing dengan tubuh gemuk dianggap lebih lucu dan menggemaskan. Padahal, anjing pada dasarnya merupakan hewan yang lucu serta menggemaskan dalam segala bentuk dan ukuran. 

Namun, sebetulnya, para pemilik anjing perlu mengkhawatirkan dan mewaspadai saat sahabat bulunya bertubuh gemuk.

Pasalnya, anjing bertubuh gemuk lebih mudah menyebabkannya obesitas, yang akhirnya membuatnya lebih rentan mengalami sejumlah masalah kesehatan seperti diabetes melitus, jantung, osteoartritis, kanker, bahkan memperpendek usianya. 

Maka itu, sebagai "orang tua" anjing, Anda bertanggung jawab penting menjaga berat badan sahabat bulu serta mengetahui cara menjaganya. 

Nah, dilansir dari Honey, Minggu (29/5/2022), berikut cara menjaga berat badan anjing peliharaan tetap ideal. 

"Kebanyakan anjing, jika diberi kesempatan, akan makan lebih banyak dari yang mereka butuhkan dan akibatnya berat badannya bertambah," kata Macmillan. 

Untuk alasan ini, kata Macmillan, cara terbaik adalah memberi makan anjing daripada membiarkannya makan dari mangkuk makanan sepanjang hari. 

"Jika manajemen berat badan menjadi masalah, pastikan Anda mengukur makanan yang diberikan untuk setiap kali makan, baik dengan menimbangnya maupun menggunakan gelas ukur metrik."

Cara ini membantu anjing konsistensi menjaga pola makannya, termasuk saat diberi makan oleh anggota keluarga yang berbeda, serta mencegah kemungkinan anjing diberi makan secara bertahap lebih banyak setiap kali makan. 

Kurangi camilan 

Anjing sering kali menunjukkan wajah memelas saat meminta tambahan makan. Namun, itu bukan alasan cukup baik untuk memberikan anjing makan secara berlebihan.

"Disiplinlah, jika perlu sisihkan camilan yang akan Anda gunakan pada awal hari sehingga tidak sengaja menjadi terlalu murah hati," ucap Macmillan.

Macmillan mengatakan, apabila memberi banyak camilan, kurangi porsi makanan biasa anjing untuk mengimbanginya. Kebanyakan anjing senang menerima apa pun terlepas dari ukurannya, jadi berikan camilan yang lebih kecil.

"Berikan camilan berenergi lebih rendah. Sebagai contoh, beberapa anjing suka mengunyah batang wortel. 

Misalnya, jalan kaki 30 menit setiap hari lebih baik daripada jalan kaki tiga jam sekali seminggu. Hal paling penting adalah itu harus menyenangkan bagi Anda dan anjing peliharaan."

Ada banyak cara melatih seekor anjing seperti mengajaknya berenang atau berkompetisi dalam kelincahan atau bola terbang.

Cari tahu apa yang paling menyenangkan bagi Anda dan sahabat bulu sehingga lebih memudahkan untuk melakukannya. 

Kunjungi dokter hewan 

Macmillan menuturkan pemeriksaan tahunan dan kunjungan vaksinasi adalah waktu tepat untuk mendiskusikan berat badan anjing dengan dokter hewan. 

Dokter hewan Anda akan memberikan panduan tentang berapa berat ideal untuk anjing peliharaan dan memberikan panduan tentang langkah-langkah apa yang harus diambil untuk memastikan anjing memperoleh berat badan ideal dan memeliharanya 

"Jika yakin anjing kelebihan berat badan dan berjuang dengan mobilitas, pernapasan, atau masalah lain, sebaiknya membuat janji khusus untuk menyelidiki masalah ini. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/29/082700276/4-cara-menjaga-berat-badan-anjing-peliharaan-tetap-ideal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke