Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Septic Tank Beton Vs Plastik, Mana yang Lebih Baik?

Kompas.com - 01/03/2022, 16:52 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comSeptic tank atau tangki septik adalah salah satu hal paling penting di rumah serta mengatur sistem pipa secara keseluruhan. 

Septic tank yang baik dapat menampung dan memproses semua air limbah yang dihasilkan seperti dari cucian piring serta mencuci pakaian. Namun, septic tank tidak bertahan selamanya, terlebih jika tidak merawatanya dengan baik.

Baca juga: Cara Aman Menggunakan Bath Bomb agar Tidak Merusak Pipa Ledeng

Dikutip dari The Pink Plumber, Selasa (1/3/2022), ada dua jenis septic tank, yakni septic tank beton dan septic tank plastik.

Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Berikut kelebihan dan kekurangan antara septic tank beton dan septic tank plastik. 

Septic tank plastik

Ilustrasi septic tank. SHUTTERSTOCK/HAMIK Ilustrasi septic tank.

Kelebihan

Septic tank plastik memiliki harga jual dan pemasangan yang lebih murah. Selain itu, materialnya lebih ringan sehingga lebih mudah dipindahkan, lebih mudah dipasang karena tidak memerlukan alat berat, serta pilihan lokasi penyimpanannya pun lebih banyak.

Septic tank juga lebih tahan pada korosi berbasis air, lebih fleksibel, dan tidak sering mengalami keretakan seperti septic tank beton. 

Baca juga: 5 Produk Perawatan Diri yang Bikin Saluran Air Kamar Mandi Mampet

Kekurangan

Septic tank plastik lebih mudah dihancurkan karena hampir tidak sekuat beton. Septic tank plastik bisa hancur di bawah beban tanah, bahkan bisa pecah setelah area tempat mereka dikubur dilewati kendaraan.

Selain itu, perubahan kondisi tanah atau getaran di sekitar septic tank plastik bisa membuat tangki ini pecah.

Tak heran, tangki septik plastik memerlukan perawatan lebih banyak dari septic tank beton. Namun, terkadang septic tank plastik dapat bertahan sedikit lebih lama dari beton.

Baca juga: Jangan Tunggu Ambruk, Ini 6 Tanda Perlu Mengganti Atap Rumah Segera

Septic tank beton

Kelebihan

Ilustrasi septic tank, ilustrasi tangki septik.SHUTTERSTOCK / Artem Bruk Ilustrasi septic tank, ilustrasi tangki septik.

Bukanlah sesuatu yang mengherankan jika septic tank beton jauh lebih tahan lama dibanding septic tank plastik.

Masa penggunaannya pun dapat bertahan hingga 40 tahun jika dirawat dengan benar. Ditambah, septic tank beton tidak mudah rusak karena faktor lingkungan.

Bila ada kendaraan melintasi di atas septic tank, ini tidak akan mempengaruhi ketahanannya. Septic tank beton juga memiliki perawatan yang cenderung lebih sedikit.

Baca juga: Ketahui, Ini Penyebab dan Tanda Saluran Air Tersumbat

Kekurangan

Septic tank beton lebih mahal dibeli dan dipasang. Untuk pemasangan, membutuhkan waktu lebih lama dan melibatkan alat berat karena bahannya tidak seringan plastik.

Selain itu, septic tank beton rentan mengalami korosi, dapat retak seiring berjalannya waktu jika tidak dirawat dengan baik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com