Kompas.com - 30/12/2021, 21:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi tidak hanya tempat untuk mandi dan buang air, namun juga merawat dan memanjakan diri. Jika Anda memiliki bathtub di kamar mandi, tentu dapat dimanfaatkan untuk relaksasi setelah hari kerja yang padat.

Ada banyak produk perawatan diri yang sering kita gunakan. Bahkan termasuk kelopak bunga untuk melengkapi sesi berendam di bathtub guna menambah aroma keharuman.

Namun demikian, beragam produk perawatan diri yang sering kita gunakan ternyata juga bisa membuat saluran air kamar mandi.

Baca juga: 3 Cara Bikin Cermin Kamar Mandi Tak Mudah Berembun, Pakai Krim Cukur

Dilansir dari Well and Good, Kamis (30/12/2021), berikut beberapa produk perawatan diri yang bisa membuat saluran air kamar mandi tersumbat dan cara mencegahnya, menurut Aaron Mulder, pemilik dan manajer operasional Mr Rooter Plumbing di San Antonio, AS.

Ilustrasi bath bomb. PIXABAY/STOCK SNAP Ilustrasi bath bomb.

1. Bath bomb

"Garam epsom dan soda kue adalah bahan umum (komposisi bath bomb) yang biasanya larut dalam air, tetapi bahan tambahan umum lainnya, termasuk minyak esensial, tepung jagung, cacao butter, kelopak bunga, dan bahkan glitter tidak larut dengan baik," ujar Mulder.

Menurut Mulder, untuk membantu menangkap beberapa aditif tambahan itu, seperti kelopak bunga kering, letakkan bath bomb di atas kantong tulle untuk menghindari partikel masuk ke saluran air.

Dia menjelaskan, lebih baik melakukan upaya pencegahan ini daripada menangani masalah saluran air mampet.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Terbaik untuk Dekorasi Kamar Mandi

Jika Anda menggunakan kelopak bunga, gunakan saringan yang biasa digunakan di akuarium untuk membersihkannya dari air sebelum membuka saluran pembuangan air bathtub.

2. Masker tanah liat atau clay mask

"Cara masker tanah liat, lumpur, dan arang menempel dan mengeras di kulit Anda, hal yang sama bisa terjadi saat masker ini tersapu air," papar Mulder.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.