Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Menghadirkan Cermin di Kamar Mandi Kecil untuk Memperbesar Ruang

Kompas.com - 21/02/2022, 13:55 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan cermin di kamar mandi tidak hanya berfungsi berkaca dan mempercantik dekorasi, tapi juga memantulkan cahaya di sekitar ruang sehingga membuat ruangan terasa lebih besar dan lebih cerah. 

Debbie Drake, Direktur Desain di Dunelm, menjelaskan, kamar mandi sering kali menjadi salah satu ruangan terkecil di rumah

Baca juga: 6 Kesalahan Meletakkan Cermin yang Harus Dihindari Menurut Feng Shui

Untuk itu, penting membuat kamar mandi terlihat besar serta terang secara signifikan. Menemukan cermin yang tepat dapat menciptakan ilusi ruang ekstra dan lebih banyak cahaya. 

Ada banyak cara menghadirkan cermin di kamar mandi kecil, dari cermin mosaik dekoratif, cermin kamar mandi dengan lampu untuk menambahkan tekstur dan kedalaman, hingga lemari cermin.

Dilansir dari Real Home, Senin (21/2/2022), berikut beberapa ide menghadirkan cermin di kamar mandi kecil untuk mencerahkan dan memperbesar ruangan. 

Baca juga: Bolehkah Menggantung Cermin Menghadap Pintu Rumah? Ini Penjelasannya 

Pilih cermin kamar mandi dengan rak rahasia

Kekurangan lain yang dimiliki kamar mandi kecil adalah keterbatasan ruang penyimpanan. Karena itu, pertahankan hal-hal sederhana sambil tetap memasang ide penyimpanan di kamar mandi kecil dengan memilih cermin yang memiliki rak terbuka pada bagian belakang.

Dengan demikian, cermin bisa memberi efek luas dan terang pada ruangan tanpa mengambil banyak ruang serta menyimpan barang-barang dengan rapi. 

Gunakan cermin bulat

Ilustrasi cermin bulat di kamar mandiShutterstock/New Africa Ilustrasi cermin bulat di kamar mandi
Kami sering mencoba mengemas sebanyak mungkin ke kamar mandi kecil dan itu bisa berarti banyak garis bersudut dan tepi tajam. Meski ini bisa terlihat modern dan keren, itu juga bisa terlihat sedikit klinis.

Perhalus tampilan keseluruhan dengan memilih cermin bulat di kamar mandi. Cermin bulat menciptakan nuansa organik untuk ruang yang lebih tenang sekecil apa pun. 

Baca juga: 3 Warna Terbaik untuk Kamar Mandi Menurut Feng Shui

Lemari cermin dua pintu

Jika sangat membutuhkan penyimpanan ekstra dan ruang lantai yang rendah, pilihlah lemari cermin dua pintu yang besar.

Ide lemari kamar mandi ini sangat ideal untuk menyimpan semua yang dibutuhkan di satu tempat. Jangan lupa mencocokan tampilan lemari cermin dengan fitur-fitur di kamar mandi seperti bathtub dan shower

Baca juga: Feng Shui Larang Penempatan Cermin di Belakang Sofa, Mengapa?

Letakan cermin di sudut paling gelap 

Ada beberapa desain kamar mandi yang membuat beberapa areanya sangat gelap seperti sudut kamar mandi sehingga kurang dimanfaatkan.

Dengan menempatkan meja rias cermin di sana, Anda dapat mencerahkan dan meberi efek luas pada ruangan.   

Baca juga: 3 Tips Meletakkan Cermin di Ruang Tamu Menurut Feng Shui

Letakkan cermin dekat dengan cahaya alami

Ilustrasi kamar mandi, ilustrasi cermin di kamar mandiUnsplash/Chastity Cortijo Ilustrasi kamar mandi, ilustrasi cermin di kamar mandi
Meletakkan cermin di kamar mandi kecil terbilang cukup sulit. Apabila tidak dapat memutuskan di mana posisi terbaik cermin, ingatlah untuk memikirkan cahaya alami.

Cermin dapat membantu meringankan dan mencerahkan ruang, terutama jika diposisikan tepat di seberang jendela. Penempatan ini membantu menerangi seluruh ruangan – mencegah kamar mandi yang gelap atau suram.

“Sebagai aturan umum, cara terbaik adalah cermin kamar mandi Anda memiliki lebar yang sama atau lebih kecil daripada meja rias kamar mandi yang ada di atasnya,” kata Trinity Owhe, Pakar Desain di Victorian Plumbing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com