Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2022, 11:10 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi ruangan dengan cermin merupakan solusi paling baik untuk meningkatkan pencahayaan dan memberikan efek lapang. Tetapi menggantung cermin besar dan kuat bisa jadi menakutkan.

Sebab, cermin menimbulkan tantangan bagi dinding gipsum dan dinding plester karena ukuran dan beratnya.

Sebagian besar cermin baru dilengkapi dengan perangkat keras pemasangan, tetapi memilih perangkat keras pemasangan yang tepat (sekrup, baut, dan jangkar yang diikat ke dinding) membutuhkan pemikiran yang cermat.

 

Baca juga: Dua Cermin Saling Berhadapan, Apakah Bagus Menurut Feng Shui?

Setelah menentukan jenis dinding Anda dan memilih perlengkapan yang tepat, gunakan saran berikut yang dilansir dari Better Homes and Gardens, Sabtu (22/1/2022), tentang cara menggantung cermin berat dengan aman sehingga Anda dapat menyegarkan ruangan sekaligus melindungi dinding dan dekorasi.

1. Tentukan berat cermin dan pemasangan perangkat keras

Cari berat cermin di spesifikasi produk atau cukup timbang cermin. Sebagian besar pembelian baru memiliki perangkat keras pemasangan yang disertakan.

Cari cincin-D, kawat, klip, atau braket yang terpasang di bagian belakang atau disertakan sebagai bagian dari pembelian. Jika cermin Anda tidak memiliki perangkat keras pemasangan, Anda harus membelinya terlebih dahulu.

2. Ketahui jenis dinding

Rumah yang baru dibangun atau baru saja direnovasi biasanya memiliki drywall, sementara banyak rumah tua memiliki dinding plester.

 

Baca juga: 3 Manfaat Memiliki Banyak Cermin di Dalam Rumah

Jika Anda tidak yakin jenis yang Anda miliki, coba tekan paku payung ke dinding. Anda akan dapat dengan mudah mendorong paku ke dinding gipsum tetapi tidak ke plester.

Batu, seperti batu bata, adalah jenis dinding lain yang mungkin Anda temui yang akan memengaruhi cara Anda menggantung cermin.

3. Identifikasi tiang dan potensi hambatan

Putuskan di mana Anda ingin menggantung cermin, tandai sudut atau tepinya dengan selotip atau pensil. Ini juga akan membantu Anda memvisualisasikan cermin di dalam ruangan. Temukan tiang, pipa, atau kabel di area tersebut.

Tiang dapat membantu untuk menggantung cermin yang berat, tetapi pastikan untuk menghindari pengeboran melalui pipa atau memasukkan sekrup ke kabel hidup. Untuk kaca yang sangat berat, sebaiknya kencangkan setidaknya satu sekrup ke tiang. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com