Kompas.com - 21/01/2022, 20:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Jika kamu memiliki kolam ikan koi di rumah tak ada salahnya menambahkan beberapa tanaman air untuk mempercantik kolam. Menambahkan tanaman pada kolam ikan memberikan banyak sekali manfaat.

Tanaman yang mengapung di permukaan air dapat memberikan naungan untuk ikan koi sehingga dasar kolam lebih teduh dan suhu air tidak terlalu panas. Selain itu tanaman juga menghasilkan oksigen yang diperlukan oleh ikan.

Melansir dari Pond Informer, Jumat (21/1/2022), berikut ini pilihan tanaman air untuk menghiasi kolam koi.

Baca juga: Cara Membersihkan Kolam Ikan di Luar Ruangan

Bambu air

Tanaman bambu air atau scouring rush merupakan tanaman prasejarah yang sudah hidup selama ratusan juta tahun.

Tanaman ini memiliki bentuk ruas menyerupai bambu namun memiliki batang yang lentur. Bentuknya yang tinggi dan rapi sangat cocok digunakan sebagai penghias kolam di taman minimalis. Tanaman ini menyaring air dengan sangat baik dengan akar yang dalam.

Baca juga: 5 Fungsi Tanaman Air pada Kolam Ikan

Apu apu

Tanaman apu apu memiliki daun yang cukup lebar dan tumbuh dalam kelompok sehingga cocok digunakan sebagai tempat berteduh ikan.

Tanaman ini juga secara alami menghilangkan ganggang dan nutrisi berlebih di air. Selain sebagai tempat berteduh, apu-apu juga digunakan koi sebagai sumber makanan dan tempat bersembunyi.

Baca juga: 9 Alasan Mengapa Perlu Memiliki Kolam Ikan di Rumah

Teratai

Teratai menggunakan jaringan parenkim air untuk tetap mengaping di permukaan airnps.gov Teratai menggunakan jaringan parenkim air untuk tetap mengaping di permukaan air

Teratai adalah tanaman air populer karena daunnya yang berukuran raksasa dan bunganya yang cantik.

Karena daunnya yang berukuran besar, tanaman ini membutuhkan ruang yang cukup luas untuk tumbuh.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.