Kompas.com - 21/01/2022, 21:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk bisa tumbuh dengan subur dan berkembang baik, tanaman memerlukan tanah yang cocok untuk masing-masing kebutuhannya. Tanah yang memiliki komposisi yang baik akan memberikan kehidupan tanaman lebih subur dan baik.

Dilansir dari House Beautiful, Jumat (21/1/2022), ahli tumbuhan Shannen Godwin menjelaskan, memastikan tanaman memiliki tanaha yang baik merupakan hal yang penting agar mendapatkan hasil pertumbuhan yang maksimal.

Tidak hanya memilih jenis tanah yang sesuai, namun ada lima kesalahan yang harus dihindari pula untuk mendapatkan tumbuhan yang subur.

Baca juga: 4 Tips Mudah dan Praktis Membersihkan Pot Tanah Liat

Ilustrasi tanah tanaman. PIXABAY/KOHIM Ilustrasi tanah tanaman.

1. Berjalan di tanah setelah hujan

Hal yang harus diperhatikan adalah Anda harus berhati-hati untuk tidak berjalan di tanah setelah hujan.

Menurut Godwin, saat Anda berjalan di halaman rumput atau taman yang basah, Anda akhirnya bisa memadatkan tanah di bawahnya, mempersulit akar untuk tumbuh dan berkembang.

"Hal ini dapat terjadi terutama di daerah tanah liat. Jadi, cobalah menunggu beberapa hari setelah hujan agar tanah mengering sebelum berdiri di atasnya," jelas dia.

2. Menambahkan pasir

Sementara banyak pemilik kebun menggunakan pasir untuk melonggarkan tanah mereka, namun hal itu sering kali dapat memperburuk.

Baca juga: Ini Alasan Pot Tanah Liat Lebih Baik dari Bahan Lain

Alih-alih menggunakan pasir, Godwin merekomendasikan menambahkan bahan organik seperti potongan rumput dan daun yang memecah partikel tanah. Anda akan memiliki tanah yang sehat dalam waktu singkat.

3. Menggunakan pupuk kandang segar

Pupuk kandang memang bagus untuk tanaman, namun ada beberapa tanaman yang tidak cocok menggunakan pupuk kandang tersebut karena mengandung zat kimia tingkat tinggi yang dapat membakar akar tanaman.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.