Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daun Calathea Berubah Warna Jadi Kuning dan Coklat, Ini 8 Penyebabnya

Kompas.com - 25/01/2022, 08:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calathea adalah salah satu jenis tanaman hias yang banyak digemari pemilik rumah. Tanaman ini disukai karena daunnya yang memiliki beragam bentuk dan warna.

Namun demikian, terkadang bisa sulit untuk menjaga kondisi daun tanaman Calathea agar tetap cantik. Kondisi yang kerap terjadi adalah daun Calathea menguning atau berubah warna menjadi coklat.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Selasa (25/1/2022), berikut beberapa penyebab daun Calathea berubah warna jadi kuning dan coklat, serta solusinya.

Baca juga: 3 Masalah Umum yang Kerap Menyerang Tanaman Calathea

Ilustrasi tanaman hias Calathea Orbifolia. SHUTTERSTOCK/RASMUS KOPPERUD RIIS Ilustrasi tanaman hias Calathea Orbifolia.

1. Kurangnya kelembapan

Alasan nomor satu di balik daun Calathea berubah warna menjadi kuning dan coklat adalah kurangnya kelembapan. Calathea menyukai udara lembap.

Apabila tanaman Calathea kekurangan kelembapan, maka akan muncul bintik-bintik coklat atau daun berubah warna menjadi coklat dan kuning. Kondisi daun Calathea keriting juga merupakan salah satu gejalanya.

Adapun solusinya adalah pertama, tempatkan pelembap udara atau humidifier di dekat tanaman untuk menjaga kelembapan udara. Anda juga bisa rutin menyemprotkan air ke tanaman, tetapi itu tidak terlalu efektif.

Selain itu, tempatkan Calathea di tempat seperti dapur atau kamar mandi karena tidak terlalu kering. Letakkan pot tanaman Calathea di atas nampan yang berisi kerikil dan air.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Daun Calathea Keriting dan Menggulung

2. Paparan cahaya yang salah

Untuk pertumbuhan terbaik, Calathea membutuhkan sinar matahari yang cerah tetapi tidak langsung. Hal pertama yang mungkin perlu Anda periksa adalah apakah tanaman menerima jumlah pencahayaan yang salah.

Seharusnya tanaman tidak ditempatkan langsung di bawah lampu tumbuh atau di depan jendela yang cerah karena akan membakar daunnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com