Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membasmi Kutu Daun dengan Campuran Bawang dan Cabai Rawit

Kompas.com - 19/01/2022, 17:07 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kutu daun adalah serangga kecil yang bertubuh lunak dan menggunakan bagian mulutnya yang panjang serta ramping untuk memakan getah tanaman.

Infestasi kutu daun umumnya menyebabkan sedikit atau tidak ada kerusakan nyata pada tanaman sehat dan sering dikendalikan oleh predator dan parasit alami. 

Baca juga: Mengenal Hama Kutu Daun Persik pada Tanaman Cabai dan Cara Membasminya

Meski begitu, hama kutu daun perlu dibasmi. Ada banyak produk bahan kimia untuk membasmi kutu daun yang dijual secara komersial. 

Namun, akan lebih baik menggunakan bahan alami untuk mengendalikan hama ini. Anda bisa membuat semprotan sendiri yang mengandung bawang dan cabai.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Rabu (19/1/2022), berikut cara membasmi kutu daun dengan campuran bawang dan cabai. 

Baca juga: Cara Membuat Pestisida untuk Basmi Kutu Daun dan Kutu Putih 

Haluskan bawang putih dan bawang bombai

Ilustrasi bawang putih. PIXABAY/MATTHIAS BOECKEL Ilustrasi bawang putih.
Haluskan satu siung bawang putih dan bawang bombai menggunakan blender atau cincang halus, kemudian campurkan bawang putih dan bawang bombai dengan satu liter air.  

Tambahkan bubuk cabai

Setelahnya, tambahkan satu sendok teh bubuk cabai rawit ke dalam campuran dan biarkan selama satu jam. Jika Anda memotong bawang merah dan bawang putih, biarkan campuran meresap semalaman di kulkas

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Daun pada Tanaman Cabai, Pakai Sabun Cuci Piring 

Saring campuran 

Selanjutnya, saring campuran tersebut menggunakan kain tipis atau saringan lainnya, lalu masukkan cairan ke botol semprot, dan tambahkan satu sendok makan sabun cuci piring cair ke dalam larutan. 

Semprotkan ke tanaman 

Setelah itu, semprotkan cairan ke tanaman yang terserang kutu daun atau rentan terkena kutu daun secara menyeluruh dengan larutan tersebut.

Fokus menyemprotkan cairan paa tunas muda dan daun yang memiliki jaringan tanaman lunak yang disukai kutu daun serta bagian bawah daun yang terlindungi. 

Baca juga: 6 Hama yang Sering Merusak Tanaman, Ulat hingga Kutu Daun 

Simpan cairan yang tidak terpakai

Tuangkan cairan yang tidak terpakai ke dalam stoples dengan tutup atau wadah bertutup lainnya, kemudian simpan di kulkas hingga seminggu. 

Semprot secara rutin

Semprotkan tanaman yang dipenuhi kutu daun setiap lima sampai tujuh hari sampai Anda melihat penurunan signifikan kutu daun pada tanaman. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com