Kompas.com - 19/01/2022, 14:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Meskipun tingkah laku kucing dinilai menggemaskan, tapi kadang ada kebiasaan kucing yang mengganggu dan bikin jengkel.

Salah satunya ialah mencakar sofa. Tak hanya mengganggu kebiasaan ini juga bikin sofa di rumah cepat rusak dan berlubang.

Tapi, ada tips khusus yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan kebiasaan kucing mencakar sofa ini.

Melansir dari Patkeen pada Rabu (19/01/2022) berikut ini tips mengatasi kebiasaan mencakar sofa pada kucing.

Baca juga: Ketahui Takaran Makanan Basah yang Tepat untuk Kucing dan Manfaatnya

Tempelkan pita gores atau selotip

Pita gores kucing berguna untuk membuat furnitur tidak menarik bagi kucing Anda. Kucing peka terhadap tekstur, terutama pada cakarnya. Seekor kucing senang menggaruk. Mereka melakukannya karena rasanya enak dan nyaman. 

Menempatkan selotip di furnitur membuat kucing tidak tertarik untuk menggaruknya. Anda harus meletakkannya tepat di atas tempat yang biasanya mereka targetkan, sehingga mereka akan berhenti mencakar bagian tersebbut. 

Baca juga: Kenapa Kucing Tidak Suka Dibelai di Bagian Perut? Ini Alasannya

Letakkan kaus kaki atau tutup kuku di kaki mereka

Alih-alih menghilangkan atau memotong cakar kucing Anda sepenuhnya, Anda dapat melindungi furnitur Anda dengan menumpulkannya untuk sementara.

Tutup kuku ini berfungsi untuk menutupi kuku tajam mereka dan secara efektif menumpulkannya. Mereka masih bisa menggunakan kuku mereka, tetapi tidak akan merusak sofa Anda.

Anda dapat menggunakan perekat dengan tutupnya. Dengan begitu, Anda dapat menggeser satu di atas setiap kuku, dan itu akan menempel lebih lama.

Beberapa orang menyukai penutup transparan sehingga tidak membuat cakar kucing mereka terlihat aneh, sementara sebagian orang lainnya lebih suka warna cerah sehingga lebih mudah untuk menemukannya ketika jatuh.

Baca juga: Ragam Penyebab Kucing Aktif pada Malam Hari

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.