Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/03/2021, 19:14 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika tanaman ditemukan daunnya menguning, pertumbuhannya terhambat, dan adanya zat lengket hitam bisa dipastikan jika ada hama kutu daun yang memakan nutrisi tanaman tersebut.

Dilansir dari Gardening Know How, Selasa (9/3/2021), kutu daun memakan berbagai macam tanaman, dan dalam kasus yang parah tanaman gagal tumbuh.

Saat mereka makan, mereka mengeluarkan zat lengket, yang disebut melon, yang dengan cepat menjadi penuh dengan jamur jelaga hitam. Mereka juga menyebarkan virus, banyak di antaranya tidak dapat disembuhkan.

 

Baca juga: Mengenal Hama Kutu Daun pada Tanaman dan Cara Membasminya

Untuk alasan ini, penting untuk mengambil langkah-langkah untuk mengendalikan kutu daun di kebun.

Musuh kutu daun

Untuk membasmi kutu daun, Anda bisa mengendalikan mereka dengan memanfaatkan kelemahan mereka dan membuat beberapa perubahan dalam cara Anda mengelola taman.

Kutu daun memiliki sejumlah musuh alami, dan serangga ini jauh lebih baik dalam mengendalikan kutu daun daripada metode lain.

Memanjakan dan memelihara musuh alami mereka adalah metode pengendalian kutu organik yang sangat baik. Perkenalkan serangga yang bermanfaat, seperti lacewing dan kepik, ke taman Anda sebagai cara alami untuk membunuh kutu daun.

Baca juga: Air Bawang Bisa Basmi Kutu Daun pada Tanaman, Begini Cara Membuatnya

Penanaman mint, adas,  yarrow, dan dandelion terdekat akan membantu menarik serangga ini ke taman Anda. Pestisida lebih mungkin membunuh serangga predator daripada kutu daun, sehingga populasi serangga biasanya meningkat setelah penyemprotan.

Menggunakan cara alami untuk membunuh kutu daun melindungi musuh alami serangga sekaligus menciptakan lingkungan yang tidak bersahabat bagi kutu daun.

Sementara serangga predator akan menghancurkan kutu daun, semut di taman adalah pelindung yang paling baik.

Semut akan memakan zat manis yang yang diproduksi oleh kutu daun. Membasmi semut agar serangga predator dapat melakukan tugasnya adalah bagian penting dari program pengendalian kutu yang baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com