Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab dan Cara Mengatasi Daun Calathea Keriting dan Menggulung

Kompas.com - 21/11/2021, 12:43 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Calathea merupakan adalah tanaman temperamental dan ekspresif yang suka memberikan banyak isyarat visual ketika mereka tidak bahagia atau dalam keadaan tidak baik-baik saja.

Salah satunya ialah dengan menggulung atau daun yang keriting sebagai pertanda adanya masalah pada tanaman.

Pengeritingan daun calathea adalah tanda dehidrasi tanaman dan merupakan mekanisme yang digunakan tanaman untuk mengurangi kehilangan air.

Baca juga: Kulit Pisang Bisa Bersihkan Daun Tanaman Hias, Begini Caranya

Pengeritingan daun paling sering disebabkan oleh genangan air, kelembaban rendah, atau panas berlebih, tetapi juga dapat terjadi karena kerusakan akar yang disebabkan oleh busuk akar, pemupukan berlebihan, atau penyakit.

Lalu, apa saja penyebab dan cara mengatasi daun Calathea yang keriting dan menggulung? Melansir dari Smart Garden and Guide pada Minggu (21/11/2021) berikut penjelasannya.

Baca juga: 5 Tips Merawat Daun Kuping Gajah agar Tidak Menguning dan Gosong

Penyebab daun Calathea keriting dan menggulung

Ilustrasi tanaman hias Calathea Peacock.UNSPLASH/SEVERIN CANDRIAN Ilustrasi tanaman hias Calathea Peacock.

Ada sejumlah penyebab yang harus diperhatikan ketika daun Calathea Anda keriting atau menggulung.

1. Terlalu banyak cahaya menyebabkan daun keriting

Tanaman Calathea liar tumbuh di bawah kanopi hutan hujan tropis. Tanaman ini tumbuh subur dalam kondisi teduh dan minim cahaya.

Sinar matahari langsung akan memudarkan daun tanaman Calathea dan bahkan dapat menghilangkan tanda putih dan hijau yang indah pada tanaman.

Calathea sering menggulung daunnya dalam upaya untuk mengurangi jumlah paparan cahaya. Jika Anda memindahkan tanaman Anda kembali ke tempat teduh, daunnya akan terbuka dalam satu atau dua hari.

Baca juga: Ragam Penyebab Daun Tanaman English Ivy Rontok dan Cara Mengatasinya

2. Daun Calathea keriting karena suhu ekstrem

Tanaman Calathea suka tumbuh pada suhu yang meniru lingkungan asalnya. Jika tanaman Anda terlalu dingin, ia akan meringkuk dalam upaya untuk menjaga dirinya tetap hangat.

Apabila terlalu panas, daun akan mulai mengering dan mengerut. Kedua masalah tersebut dapat diperbaiki dengan menyesuaikan suhu di lingkungan Anda.

Suhu terbaik untuk tanaman Calathea adalah antara 60-85 ° F (16-29 ° C). Jika ruangan Anda berada di antara suhu ini dan daun menggulung, coba sesuaikan termostat ke arah tanda 75°F (24°C).

Perhatikan bagaimana tanaman Anda bereaksi selama beberapa hari, dan terus sesuaikan suhu sampai daun Calathea yang menggulung mulai hilang. Pastikan Calathea Anda tidak ditempatkan langsung di depan AC atau ventilasi pemanas.

Baca juga: Kenapa Daun Kuping Gajah Gosong? Ini 4 Penyebab dan Solusinya

3. Kelembapan rendah adalah penyebab umum daun Calathea keriting

Kelembaban sangat penting untuk Calathea yang sehat. Tanaman ini menyerap kelembapan melalui daunnya yang lebar; jika udara mengering, daun akan mulai menggulung dan menguning.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com